wajib periksa suhu tubuh di gerbang masuk
Jakarta (ANTARA) - Kawasan wisata Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat bersiap menyambut normal baru, jelang berakhirnya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) fase III di Jakarta pada 4 Juni 2020.

"Kalau nanti masuk masa normal baru, kami akan terapkan, pertama wajib periksa suhu tubuh di gerbang masuk, dengan empat alat ukur di dua gerbang masuk," ujar Kepala UPK Kota Tua Deddy Tarmizi saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Diakuinya, hal itu adalah bagian dari sejumlah langkah antisipasi untuk pengunjung dan petugas demi mencegah penyebaran COVID-19 di kawasan Kota Tua.

Deddy mengatakan, protokol kesehatan COVID-19 akan ditegakkan di kawasan tersebut, utamanya setiap pengunjung wajib menggunakan masker.

Jika ada pengunjung yang tak menggunakan masker, pihaknya menyediakan masker gratis.

Deddy mengatakan, pihaknya menyediakan 25 lusin masker gratis untuk mengantisipasi pengunjung tanpa masker.

Selain itu, UPK Kota Tua menyediakan tujuh tempat cuci tangan dengan perlengkapan tangki air, sabun dan tisu.

Pengunjung per museum akan dibatasi sebanyak 25 persen dari jumlah pengunjung biasanya dan pengunjung dapat bergantian masuk.

Nantinya, jika kasus COVID-19 melandai, akan ditingkatkan perlahan hingga satu museum memuat 75 persen pengunjung.

"Jaga jarak minimal satu meter, sudah dipasang spanduk dan nanti di lapangan imbauan melalui speaker dan petugas lapangan bersama komunitas," kata Deddy.

Deddy menambahkan, pihaknya juga masih menunggu kebijakan langsung dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tentang protokol wisata wisata di Kota Tua selama pandemi COVID-19.

Baca juga: Kota Tua Jakarta jadi objek wisata edukatif
Baca juga: Kota Tua bukukan 1,3 juta pengunjung di musim liburan




 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020