Anggota DPRD Mukomuko usulkan pembentukan pansus awasi dana COVID-19

Anggota DPRD Mukomuko usulkan pembentukan pansus awasi dana COVID-19

Kantor DPRD Kabupaten Mukomuko.(Dok.Antarabengkulu.com)

Mukomuko (ANTARA) - Kalangan anggota DPRD Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu mengusulkan pembentukan panitia khusus (pansus) untuk mengawasi penggunaan dana penanganan COVID-19 di daerah ini.

"Hampir setiap anggota dewan mengusulkan pembentukan pansus ini, dan usulan pembentukan pansus ini telah disampaikan kepada pimpinan lembaga ini, selanjutnya menunggu pimpinan dewan meneruskan ke tahap selanjutnya," kata Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Mukomuko Armansyah, di Mukomuko, Kamis.

Ia memastikan, mayoritas anggota DPRD setempat dari sebanyak 25 anggota dewan di daerah ini setuju dengan pembentukan pansus guna mengawasi penggunaan dana penanganan COVID-19 di daerah ini.

Menurutnya, lembaganya harus membentuk pansus agar penggunaan dana penanganan COVID-19 oleh sejumlah instansi di daerah ini lebih transparan, sehingga tidak ada pemindahan dana dari satu kegiatan kepada kegiatan lain.

"Jangan sampai ada dana penanganan COVID-19 yang tidak dianjurkan pindah dari satu kegiatan ke kegiatan lain, tetapi dia pindahkan penggunaan dana tersebut tanpa diketahui oleh lembaga ini," ujarnya pula.
Baca juga: Polisi gencarkan sosialisasi cegah COVID-19 di pasar tradisional

Ia mengatakan, sepengetahuannya ada tiga instansi di daerah ini yang mendapat alokasi dana penanganan COVID-19, yakni Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Selain itu, ia mengatakan pula, lembaganya perlu menelusuri penggunaan dana penanganan COVID-19 sekitar Rp19 miliar karena tidak jelas data, tidak ada disampaikan secara kontinu data terkait dengan penggunaan dana tersebut kepada lembaga ini.

"Sampai sekarang tidak jelas penggunaan dana tersebut, data tidak ada, dia tidak kontinu memberikan data ke sini, kalau mengambang seperti ini membuat dewan di lembaga ini menjadi suuzon kepada pihak terkait," ujarnya lagi.

Dia memastikan, meskipun nantinya lembaga ini sudah ada pansus yang mengawasi penggunaan dana COVID-19, setiap anggota dewan juga akan tetap mengawasi pelaksanaan di lapangan.
Baca juga: Mukomuko rencanakan gunakan dana pilkada untuk penanganan COVID-19
Pewarta : Ferri Aryanto
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020