Pasien sembuh COVID-19 di Malut bertambah empat orang

Pasien sembuh COVID-19 di Malut bertambah empat orang

Jubir Gugus Tugas  Percepatan Penanganan COVID-19 Malut, dr Alwia Assagaf,M.Kes (Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Maluku Utara (Malut) mencatat, berdasarkan hasil pemeriksaan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Manado, pasien  COVID-19 di Malut yang sembuh bertambah empat orang.

"Sesuai hasil pemeriksaan PCR laboratorium BTKL-PP Manado tertanggal 26 Mei 2020 dan flow up terhadap 14 spesimen dengan hasil empat orang pasien negatif kedua, sehingga dinyatakan sembuh," kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Malut, dr Alwia Assagaf,M.Kes di Ternate, Rabu.

Menurut dia, keempat pasien yang dinyatakan sembuh di antaranya pasien 35 ABK KM Dorolonda, pasien 40, 41 asal Ternate dan seorang pasien 60 asal Kabupaten Halmahera Utara, sehingga secara keseluruhan pasien sembuh di Malut mencapai 21 orang.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 jadi 6.057 orang dari total 23.851 kasus

Dari 21 pasien sembuh COVID-19 di Malut itu, Kota Ternate mencapai 12 orang, Tidore Kepulauan delapan orang, Halmahera Utara dua orang dan Halmahera Selatan satu orang serta meninggal  enam orang.

Sedangkan, untuk pasien terkonfirmasi positif COVID-19, sesuai pemeriksaan PCR laboratorium PCR, bertambah satu orang asal Halmahera Selatan, sehingga kasus baru itu disebut pasien 119.

Alwia menyebut, hasil pemeriksaan rapid test kepada 5077 orang dan didapatkan 251 orang reaktif yakni 101 OTG, 52 ODP, delapan PDP dan 90 pelaku perjalanan dari daerah terjangkit, sedangkan 4.826 orang dengan hasil rapid test non reaktif.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Lampung menjadi 48 orang

Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 956 orang terjadi pengurangan 16 orang, karena terjadinya tracking kontak terhadap pasien positif COVID-19, namun ada penambahan di Halsel, Tidore dan Ternate karena tracking kontak dengan pasien positif COVID-19.

Orang Dalam Pengawasan (ODP) mencapai 82 orang atau penambahan 12 orang dari Halmahera Selatan, Halut, Morotai, Morotai, Tidore dan Ternate, karena selesai masa pemantauan 14 hari, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) mencapai 34 orang, atau terjadi penambahan dua orang dari Ternate dan Halmahera Utara.

"Selain itu, menjalani perawatan di RSU Chasan Boesoerie Ternate 19 orang dengan rincian lima orang terkonfirmasi positif COVID-19 dan 14 orang PDP serta menjalani karantina di Sahid Hotel Ternate sebanyak 62 orang dengan rincian 51 pasien terkonfirmasi positif COVID-19, OTG satu orang, satu PDP empat orang dan enam orang pelaku perjalanan.

Baca juga: Tiga pemudik di Probolinggo positif COVID-19 akhirnya sembuh
Baca juga: BIN bantu RSUP Persahabatan peralatan medis penanganan COVID-19
Baca juga: Pasien COVID-19 di Banjarnegara yang sembuh berjumlah 22 orang
Pewarta : Abdul Fatah
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020