Jakarta (ANTARA) - Archie Williams, seorang pria yang menghabiskan masa tahanan 37 tahun di penjara karena salah vonis atas pemerkosaan kini membintangi musim baru America's Got Talent (AGT).

Williams ditangkap pada 1982 dan dipenjara di rumah tahanan Louisiana, AS setahun kemudian.

Dia dibebaskan pada 2019 setelah ada bukti baru yang menyatakan dia tidak bersalah.

Sebelumnya dia dijatuhi vonis hukuman seumur hidup setelah dinyatakan bersalah atas percobaan pembunuhan, pemerkosaan yang diperburuk dengan perampokan, tetapi dia selalu bersikeras kalau dia tak bersalah.

Baca juga: The Sacred Riana lolos babak live show America's Got Talent

Baca juga: Tyra Banks akan jadi pembawa acara "America's Got Talent"


Independent melansir CNN menyebut bahwa tidak ada jejak sidik jari Williams di TKP, tetapi Williams mengatakan bahwa "sebagai pria kulit hitam yang miskin, saya tidak memiliki kemampuan ekonomi untuk melawan negara bagian Louisiana," dalam sebuah wawancara sebelum tampil di AGT.

Pada 1990-an, Innocence Project menangani kasus Williams, dan pada 2019 sidik jarinya dianalisis dengan sistem bukti baru, yang menentukan ia tidak bersalah, menurut lembaga tersebut.

Dalam audisinya untuk AGT, Williams menyanyikan "Don’t Let the Sun Go Down on Me" disambut tepuk tangan meriah dari para juri dan penonton.

Dalam wawancara sebelum penampilannya, Williams mengatakan bahwa dia menyanyi untuk membantunya melewati perjuangan penjara. "Inilah cara saya mendapatkan kedamaian."

Pria yang sekarang berusia 58 tahun itu mengungkapkan bahwa ketika dia berada di penjara, impiannya adalah untuk tampil di acara itu.

"Saya menyaksikan America's Got Talent di penjara dan saya akan memvisualisasikan diri saya di sana," kata Williams.

"Saya selalu ingin berada di panggung seperti ini, dan sekarang saya di sini," tambahnya.

Usai tampil, para juri Simon Cowell, Heidi Klum, Howie Mandell dan Sofia Vergara memberinya tepuk tangan meriah, dan Cowell memuji penampilannya.

"Saya tidak akan pernah mendengarkan lagu itu dengan cara yang sama setelah Anda menyanyikannya," kata Cowell. "Ini adalah audisi yang tidak akan pernah aku lupakan seumur hidupku, Archie."

Baca juga: Mini AGT bawa talenta muda ke Singapura

Baca juga: America's Got Talent musim Ke-14 kembali dengan pembawa acara baru

Baca juga: America's Got Talent setop syuting, tunggu Heidi Klum tes corona

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020