Yang sehat harus tetap sehat, dan yang sakit harus kembali sehat
Jayapura (ANTARA) - Markas Korem 172/PWY Jayapura menggelar rapid test bagi prajurit TNI Angkatan Darat dalam rangka memutus penyebaran COVID-19 di lingkungan korem setempat.

​​​​​Komandan Korem 172/Praja Wira Yakthi Kolonel Inf Izak Pangemanan dan seluruh anggota makorem, Denintel Dam XVII/Cenderawasih, Denkesyah, Denpal, Denhubrem dan Ajenrem beserta keluarganya melaksanakan rapid test COVID-19 bertempat di Makorem 172 Padangbulan Abepura serta warga di sekitar Korem 172/PWY pada Jumat (22/5).

Kegiatan tersebut sebagai langkah yang diambil Korem 172 untuk mendeteksi secara dini penyebaran Virus Corona di lingkungan prajurit dan keluarganya serta masyarakat yang tinggal di sekitar asrama Korem 172/PWY.

Jumlah seluruh prajurit, keluarga anggota serta warga sekitar Makorem 172/PWY yang melaksanakan rapid test sebanyak 723 orang.
Baca juga: Pasien COVID-19 sembuh di Papua tercatat 134 orang


Danrem mengatakan, pelaksanaan rapid test untuk seluruh anggota makorem yang berjumlah 312 prajurit dan 198 istrinya, Balak Aju Korem dan satuan yang terdekat yaitu Denintel Kodam XVII/Cenderawasih beserta istrinya.

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi prajurit, terkait dengan penanganan COVID-19, sehingga kami bisa melakukan langkah-langkah selanjutnya. Yang sehat harus tetap sehat, dan yang sakit harus kembali sehat," ujar Danrem.

Korem 172/PWY juga membagikan vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh, karena memang COVID-19 sangat terkait erat dengan daya tahan tubuh, apabila daya tahan tubuh kuat maka dapat terhindar dari virus ini.

Danrem Kol Izak Pangemanan menekankan, para prajurit dan keluarganya untuk selalu menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat, dengan melaksanakan olahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan yang sehat, sehingga akan terbangun kondisi daya tahan tubuh yang kuat.

"Kami unsur pimpinan akan terus mendorong prajurit kita untuk dapat memahami bahaya dari Virus Corona ini, dan mengerti bagaimana cara mengatasinya. Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan pemerintah kita jangan panik, tetapi harus bisa mengendalikan diri untuk mematuhi imbauan pemerintah dalam social distancing, pakai masker, serta rajin mencuci tangan, dan tetap tinggal di rumah, sehingga kita bisa mengendalikan COVID-19 ini," katanya pula, dalam keterangan tertulis diterima melalui Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih.

Kalangan warga di sekitar makorem sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk dapat melaksanakan rapid test di Makorem 172, sehingga mereka dapat mengetahui apakah terpapar Virus Corona atau tidak.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Korem 172, karena sudah memberikan kesempatan kepada warga di sini, boleh memeriksakan diri untuk mengetahui apakah kami ini positif Corona atau tidak, selama ini kami berpikir harus periksa dimana khawatir ada berita yang kami dengar atau tonton bahwa ada yang positif orang tanpa gejala. Terima kasih kepada Korem 172 yang telah memberikan kesempatan warga untuk memeriksakan diri di sini," ujar ibu Niriyasanya, warga setempat.
Baca juga: Papua Barat umumkan satu tambahan positif COVID-19

Pewarta: Muhsidin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020