Pasien dirawat di RSUD Regional Mamuju sejak 29 April 2020
Mamuju (ANTARA) - Seorang pasien positif COVID-19 di Provinsi Sulawesi Barat dinyatakan sembuh sehingga total warga di daerah itu yang sembuh dari COVID-19 sebanyak 26 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sulbar Safaruddin Sanusi di Mamuju, Jumat, mengatakan pasien sembuh itu berasal dari Kabupaten Mamuju Tengah.

Baca juga: Shalat Id Sulbar tidak dilaksanakan di lapangan

"Hari ini, kami kembali menerima hasil laboratorium BBLK Makassar Sulawesi Selatan dan dari hasil laboratorium tersebut ada satu pasien COVID-19 di Sulbar yang telah dinyatakan sembuh," ujar Safaruddin Sanusi.

Pasien positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh tersebut, lanjut Safaruddin, yakni kasus 23 seorang perempuan berinisial Mi (25) asal Kabupaten Mamuju Tengah.

Baca juga: Sulbar salurkan beras kepada transmigran terdampak COVID-19

"Pasien kasus 23 ini tinggal di wilayah terjangkit COVID-19, yaitu di Desa Pontanakayyang Kabupaten Mamuju Tengah. Pasien dirawat di RSUD Regional Mamuju sejak 29 April 2020 dan per hari ini dengan hasil laboratorium dua kali berturut-turut dan hasilnya negatif, sehingga yang bersangkutan dinyatakan sembuh," terang Safaruddin.

Pada hari Jumat ini, kata Safaruddin, tidak ada penambahan kasus positif COVID-19 di Provinsi Sulbar dan kasus positif COVID-19 hingga saat ini sebanyak 86 kasus, dengan rincian lima kasus dari Kabupaten Majene, satu orang sudah dinyatakan sembuh sementara empat orang diraat di ruang karantina Rumah Sakit Regional Sulbar.

Baca juga: Dua pasien COVID-19 di Sulbar dinyatakan sembuh

Di Kabupaten Mamuju tercatat tujuh kasus, empat orang sudah dinyatakan telah sembuh dan tiga orang dirawat di ruang karantina Rumah Sakit Regional Sulbar.

Kemudian, tujuh kasus positif COVID-19 di Kabupaten Pasangkayu, lima orang sudah dinyatakan sembuh, satu orang dirawat di RSUD Pasangkayu dan satu orang menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan puskesmas dan tim Gugus Tugas Pasangkayu.

Selanjutnya, di Kabupaten Mamuju Tengah tercatat 38 pasien positif COVID-19, dengan rincian 15 orang sudah dinyatakan sembuh, empat orang dirawat di Rumah Sakit Regional Mamuju, satu orang dirawat di Rumah Sakit Majene, 16 orang dirawat di Gedung Karantina Salugatta, dan satu orang meninggal dunia.

Di Kabupaten Polewali Mandar terdapat 29 kasus positif COVID-19, satu diantaranya sudah dinyatakan sembuh, 20 orang dirawat di RSUD Polewali Mandar, tujuh orang dirawat di Rumah Sakit Pratama Wonomulyo dan satu orang meninggal dunia.

Baca juga: 13 pasien positif COVID-19 di Sulbar dinyatakan sembuh

Sementara, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Sulbar saat ini sebanyak 1.535 orang, sebanyak 1.421 orang di antaranya sudah selesai pemantauan, 112 orang masih dalam proses pemantauan dan dua orang meninggal dunia.

Sedangkan, jumlah orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 942 orang, sebanyak 585 sudah selesai pengawasan dan 357 masih dalam proses pengawasan.

Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Sulbar sebanyak 62 orang, sebanyak 37 orang diantaranya sudah selesai pengawasan, 20 orang masih dalam proses pengawasan dan lima orang meninggal dunia.

Baca juga: Positif COVID-19 di Sulbar bertambah enam jadi 73 kasus
 

Pewarta: Amirullah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020