Kemarin, produk lokal untuk tangani COVID-19 hingga kasus baru corona

Kemarin, produk lokal untuk tangani COVID-19 hingga kasus baru corona

Kementerian Pertanian meluncurkan inovasi rangkaian produk antivirus berbahan eucalyptus yang dinilai mampu menangkal penyebaran virus corona. (ANTARA/HO-Kementerian Pertanian)

Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita informatif dan penting di bidang humaniora pada hari kemarin yang masih layak untuk disimak pada pagi hari ini.

Beberapa berita tersebut di antaranya peluncuran 55 produk dalam negeri untuk tangani COVID-19, info terbaru kasus virus corona yang melonjak di Indonesia, masyarakat ingin akhiri PSBB, sekolah yang belum akan dibuka kembali, serta libur cuti bersama Lebaran yang digeser.

Presiden luncurkan 55 produk inovasi dalam negeri tangani COVID-19

Presiden Joko Widodo meluncurkan 55 produk inovasi dan riset yang dibuat peneliti Indonesia untuk menangani virus Corona tipe baru. Produk-produk inovatif tersebut merupakan hasil kolaborasi dari berbagai instansi dan lembaga baik dari swasta maupun pemerintah. Beberapa produk yang dibuat adalah alat rapid test lokal, test kit RT-PCR lokal produksi Biofarma yaitu BioCOV-19, ventilator emergensi, laboratorium mobile, dan lain-lain.

Simak info lengkapnya di sini.

Kasus baru harian COVID-19 melonjak

Jumlah kasus positif baru harian COVID-19 melonjak pada hari kemarin. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyebut kasus baru mencapai 693 orang sehingga totalnya menjadi 19.819. Penambahan kasus baru per hari kemarin merupakan rekor penambahan kasus terbanyak selama virus corona ada di Indonesia.

Baca berita lengkapnya di sini.

81 persen masyarakat ingin akhiri PSBB

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (COVID-19) sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengungkapkan berdasar kajian internalnya ada 81 persen masyarakat yang ingin Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) segera diakhiri. Namun, Doni menegaskan tidak mungkin bisa PSBB dicabut apabila masyarakat masih belum patuh.

Baca berita lengkapnya di sini.

Mendikbud belum akan buka kembali sekolah

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan pihaknya belum bisa memastikan kapan tepatnya siswa bisa kembali belajar di sekolah. Nadiem menyebut pemerintah memang sudah menyiapkan skenario pembukaan kembali sekolah, namun itu masih dalam pembahasan karena belum melibatkan para pakar.

Simak secara lengkap di sini.

Libur cuti bersama Lebaran digeser

Pemerintah memutuskan untuk mengubah jadwal cuti bersama Idul Fitri 1441 H yang dimulai pada 22 Mei 2020, menjadi 28 hingga 31 Desember 2020. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai BUMN tetap bekerja pada 22 Mei 2020.

Simak infonya di sini.
Pewarta : Aditya Ramadhan
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020