Ada satu kamar yang memang sering digunakan untuk shalat, itu yang akan kita pakai
Gorontalo (ANTARA) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengaku tidak akan menggelar acara halalbihalal pada Lebaran 2020 di rumah dinasnya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Bahkan, ia bersama keluarganya hanya akan melakukan Shalat Idul Fitri 1441 H di rumah saja.

Baca juga: Gubernur Gorontalo transfer gaji ke rekening Gugus Tugas COVID-19

"Jadi shalatnya nanti di rumah jabatan saya. Ada satu kamar yang memang sering digunakan untuk shalat, itu yang akan kita pakai,” katanya di Gorontalo, Selasa.

Ia menyebutkan pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena mempertimbangkan keselamatan seluruh warga saat pandemi COVID-19.

Baca juga: Gubernur Gorontalo sebut pembagian sembako sebagai instruksi Presiden

Gubernur Gorontalo mengimbau warga untuk melaksanakan shalat di rumah masing-masing untuk mencegah penularan virus corona.

Ia juga meminta maaf kepada para pejabat daerah dan warga masyarakat, jika lebaran tahun ini tidak bisa bersilaturahim secara langsung.

“Mau gimana lagi situasinya sekarang tidak memungkinkan untuk berkerumun dan berjabatan tangan. Kita untuk sementara silaturahimnya lewat telepon atau media sosial," tambahnya.

Baca juga: Gubernur Gorontalo sumbangkan gaji dua tahun untuk penanganan COVID-19

Ia berharap para bupati, wali kota hingga aparat di desa bisa melaksanakan imbauan Menteri Agama terkait pelaksanaan Shalat Idul Fitri kepada masyarakat.

"Intinya jangan shalat di masjid atau lapangan, karena akan terjadi kerumunan. Setelah pandemi selesai, mari kita ramaikan kembali tempat-tempat ibadah," ujarnya.

Baca juga: Gubernur canangkan "Gorontalo Bergerak Cegah Corona"

 

Pewarta: Debby H. Mano
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020