Hutama Karya menerapkan protokol tanggap darurat COVID-19 yang ketat di setiap ruas tol yang dikelola
Bandarlampung (ANTARA) - Senior Eksekutif Vice Presiden Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Muhammad Fauzan mengatakan sampai dengan saat ini belum ada pegawai perusahaan yang terindikasi positif terinfeksi COVID-19 di seluruh unit kerja maupun operasional, termasuk di ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang dan Kayu Agung.

“Hutama Karya menerapkan protokol tanggap darurat COVID-19 yang ketat di setiap ruas tol yang dikelola. Ini untuk mengantisipasi agar pegawai perusahaan tidak terkena Virus Corona," kata Muhammad Fauzan, melalui keterangan pers yang diterima di Bandarlampung, Minggu.

Ia menjelaskan sebelumya diberitakan bahwa SB petugas yang terpapar COVID-19 itu bekerja di bagian rescue Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang dan Kayu Agung (Terpeka), Gerbang Tol Simpang Pematang, yang merupakan karyawan pihak ketiga PT Jasa Marga Tollroad Operator (JMTO).

Selain itu, lanjut dia, kejadian yang  yang terjadi pada Senin (4/5) itu di luar jam kerja dan lingkungan kerja, ketika yang bersangkutan mengantar pasien ke rumah sakit di Kota Palembang, menggunakan kendaraan ambulans puskesmas setempat.

Baca juga: Pengemudi yang melanggar aturan PSBB di Tol JORR mulai ditindak

Fauzan mengatakan setelah kejadian tersebut tidak ada pengetesan apapun terkait COVID-19 yang dilakukan kepada yang bersangkutan sehingga tidak ada status PDP atau positif Corona yang diberikan. Bahkan yang bersangkutan juga tidak masuk kantor sejak tanggal 4 Mei 2020 lalu.

“Ada beberapa tindakan yang telah dilakukan Hutama Karya di antaranya telah melakukan tindakan preventif seperti imbauan mencuci tangan, pembagian hand sanitizer dan masker, rutin melakukan penyemprotan disinfektan di setiap gerbang, dan tindakan lainnya sesuai dengan protokol COVID-19," katanya

Ia menjelaskan sampai dengan saat ini belum terdapat pegawai perusahaan yang terindikasi atau dikonfirmasi positif terinfeksi COVID-19 di seluruh unit kerja maupun operasional, termasuk di ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang dan Kayu Agung.

Bahkan Manajemen Hutama Karya terus berupaya dan bekerja keras semaksimal mungkin dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna Jalan Tol Trans Sumatera dan berkomitmen untuk transparan dalam penyampaian perkembangan kasus COVID-19 di lingkungan perusahaan pada kesempatan pertama.

Baca juga: Hutama Karya berkomitmen bantu memutus rantai penyebaran Covid-19

 

Pewarta: Agus Wira Sukarta dan Emir F Saputra
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020