Wagub Sulsel susuri lorong pastikan kondisi warga terdampak COVID-19

Wagub Sulsel susuri lorong pastikan kondisi warga terdampak COVID-19

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman saat menelusuri lorong untuk menyalurkan bantuan bagi warga di Kelurahan Cambayya, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, Sabtu (16/05/2020). ANTARA Foto/HO-Humas Pemprov Sulsel

Makassar (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman turun menyusuri lorong-lorong sempit di Kota Makassar untuk melihat langsung kondisi warga terdampak COVID-19, sekaligus membagikan bantuan sembako kepada warga.

"Assalamualaikum, sehat-sehat ji semua," kalimat pertama diucapkan Andi Sudirman saat menyapa warga di Kelurahan Cambayya, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, Sabtu.

Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sulsel ini hadir di tengah masyarakat juga untuk menyalurkan bantuan sembako melalui agenda bertajuk Ramadan Berbagi Bersama MES Sulsel Melawan COVID-19.

Baca juga: 17 kasus COVID-19 di Lutra Sulsel dari santri Temboro

Turut ikut membantu dalam penyaluran bantuan, yakni Komunitas Peduli Anak Jalanan (KPAJ) Makassar dan Relawan Pendidikan Indonesia (RPI).

Andi Sudirman berkeliling ke rumah warga memasuki lorong demi lorong untuk membagikan langsung sembako dan masker kain kepada masyarakat sekitar. Ia menyusuri pemukiman padat penduduk ini yang rata-rata dengan rumah panggung di atas air.

Andi Sudirman menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai upaya membantu masyarakat terdampak pandemi COVID-19. Apalagi kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat ekonomi masyarakat terdampak.

"Semoga bantuan ini bisa meringankan beban ekonomi nelayan. Terutama mereka yang terdampak, pembelian tidak seramai waktu normal kemarin," ungkap Andi Sudirman.

Pada kesempatan itu, ia juga menyempatkan menjenguk seorang nenek yang terbaring sakit bernama Haniah. Sebelum meninggalkan rumah itu, ia meminta Lurah setempat untuk lebih memperhatikan warganya.

Baca juga: Sulsel optimistis daerah pertama deklarasi bebas COVID-19

Baca juga: Gubernur sebut PSBB Gowa berdampak besar untuk Makassar


Masyarakat sebagian besar bekerja sebagai nelayan tidak melewatkan kesempatan itu untuk mengadu dan mengeluhkan kondisi dampak pandemi COVID-19 ke Andi Sudirman, bahwa wabah itu menyebabkan penjualan tidak seramai dulu.

Sementara itu, Ketua RT 1 RW 2, Asmawati menyampaikan rasa syukur atas bantuan dari MES Sulsel.

"Alhamdulillah sangat meringankan, membantu warga pesisir, terima kasih atas bantuan dari Bapak Wakil Gubernur Sulsel," tuturnya.

Hal senada disampaikan Lurah Cambayya, Muh Sember Pambahako, bantuan ini sangat meringankan beban di tengah merebaknya COVID-19 yang bersamaan dengan Bulan Suci Ramadhan.

"Kami memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Bapak Wagub yang turun langsung memberikan bantuan dan mendengar langsung keluhan warga," ujar Muh Sember.

Baca juga: Kapolda Sulsel keliling daerah pantau Operasi Aman Nusa II
Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020