Jakarta, 27/7 (ANTARA) - Sebanyak tiga unjuk rasa dan satu aksi tabur bunga untuk memperingati peristiwa 27 Juli 1996 akan digelar di eks-Kantor Sekretariat PDI Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin.

Menurut informasi dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya di Jakarta, Senin pagi, aksi tabur bunga tersebut akan dilaksanakan sekitar pukul 10:00 WIB.

Selain aksi tabur bunga, perhelatan itu juga akan diwarnai dengan mimbar bebas untuk menyuarakan aspirasi para peserta aksi.

Sebelumnya, Ketua Penyelenggara Peringatan Peristiwa 27 Juli 1996, Sandra Lestari, pada Minggu (26/7) malam, mengatakan, acara itu dibuat semata-mata untuk mengenang kembali para korban peristiwa yang terjadi 13 tahun lalu.

Peserta acara tersebut akan diikuti oleh anggota forum komunikasi para korban dan keluarga korban peristiwa tersebut yang datang dari berbagai daerah antara lain di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan DKI Jakarta.

"Acara itu akan dilaksanakan dengan damai tanpa aksi kekerasan dan arogan," katanya.

Selain aksi tabur bunga, TMC juga melaporkan terdapat beberapa aksi unjuk rasa di tiga tempat di ibukota.

Unjuk rasa pertama dilakukan di depan Hotel Sultan di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, pada sekitar pukul 09:00 WIB.

Sedangkan aksi demonstrasi kedua digelar di depan Balaikota DKI Jakarta di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakpus, sekitar pukul 10:00 WIB.

Terakhir, unjuk rasa ketiga dijadwalkan berlangsung di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat di Jalan Imam Bonjol, Jakpus, pukul 11:00 WIB.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009