242 pekerja migran Indonesia tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai

242 pekerja migran Indonesia tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai

Situasi pemeriksaan kesehatan PMI yang tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Selasa, (12/5/2020). ANTARA/HO-Kodam IX/Udayana.

Denpasar (ANTARA) - Satgas Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Bali-Nusa Tenggara yang berasal dari Kodam IX/Udayana menerima kedatangan 242 pekerja migran Indonesia di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar.

"Iya, jadi sebanyak 242 WNI yang bekerja sebagai ABK di kapal Mein Schiff 3 (MS3) telah tiba di Bali menggunakan pesawat sewaan TB-8331 langsung dari Bandara Internasional Hamburg menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali," kata Kepala Penerangan Kodam IX/Udayana, Kolonel Kavaleri Jonny Harianto, dalam keterangan persnya di Denpasar, Selasa.

Baca juga: Peneliti: Pastikan protokol kepulangan PMI cegah penularan COVIID-19

Ia mengatakan, meskipun perusahaan yang mempekerjakan mereka sudah menyampaikan kepada perwakilan bahwa para ABK itu telah dinyatakan sehat, namun mereka tetap diperiksa kondisi kesehatannya sesuai prosedur tetap penanganan di Tanah Air. Mereka sebelumnya sudah diuji secara uji cepat dan uji usap (swab test).

Setibanya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan melalui proses pemeriksaan kesehatan, mereka kemudian berangkat menuju Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Niti Mandala di Lapangan Renon Denpasar.

Baca juga: Presiden minta kepulangan 34.000 pekerja migran diantisipasi

Setelah berada di LPMP, selanjutnya mereka didata dan dijemput oleh masing-masing Satgas Covid-19 kabupaten/kota untuk dibawa ke karantina yang telah disiapkan masing-masing pemerintahan di tingkat dua itu. 

Terkait keberadaan Satuan Tugas Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19, Harianto menjelaskan, Kodam IX/Udayana ditunjuk langsung oleh Markas Besar TNI sebagai Komando Tugas Gabungan Terpadu dalam percepatan penanggulangan Covid-19 khusus penanganan debarkasi pekerja migran Indonesia.

Baca juga: Dampak COVID-19, 70.367 pekerja migran kembali ke Indonesia

"Untuk itu, di wilayah Provinsi Bali ini Panglima Kodam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Benny Susianto, ditunjuk menjadi panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu terkait penanggulangan Covid-19 khusus bagi kedatangan PMI ataupun ABK yang bukan hanya masyarakat Bali, namun juga ada dari daerah provinsi lain yang dekat dengan Bali sehingga diturunkan di Bali," ucap dia. 

Pewarta : Ayu Khania Pranishita
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020