Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita politik pada Kamis (7/5) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai anggota DPR meminta pemerintah melakukan investigasi atas meninggalnya ABK asal Indonesia di kapal China hingga naiknya elektabilitas Ganjar Pranowo ditengah pandemi COVID-19.

Berikut rangkuman beritanya:

1. Anggota DPR minta investigasi kasus ABK meninggal di kapal China

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PKS, Sukamta, meminta pemerintah harus menginvestigasi secara menyeluruh atas kemungkinan terjadinya pelanggaran HAM atas kematian Anak Buah Kapal (ABK) asal Indonesia yang meninggal di kapal China dan jenazahnya dilarung ke laut.

"Meski sudah ada penjelasan dari KBRI di Beijing bahwa pihak perusahaan katanya ikuti standar praktik kelautan internasional saat melarung tiga WNI yang meninggal, pemerintah harus melakukan investigasi secara menyeluruh terhadap masalah ini. Indonesia sebagai negara yang berdaulat harus melindungi WNI di manapun berada," kata Sukamta, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya disini


2. Presiden Jokowi: Kita beruntung sejak awal pilih kebijakan PSBB

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Indonesia beruntung sejak awal memilih untuk melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), bukan karantina wilayah (lockdown) dalam mengatasi pandemi COVID-19.

"Kita beruntung sejak awal memilih kebijakan PSBB bukan 'lockdown' atau karantina wilayah," kata Presiden Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta, dalam video yang diunggah Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden pada Kamis.

Baca selengkapnya disini

3. Wapres Ma'ruf: Satukan kekuatan untuk penanganan COVID-19

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta seluruh pihak untuk menyatukan kekuatan dalam menekan penyebaran sekaligus penanganan dampak COVID-19 di Indonesia.

“Fokus kita semua adalah menyatukan kekuatan untuk mengendalikan penyebaran virus corona dan penanganan atas dampaknya,” kata Ma’ruf Amin dalam keterangan yang diunggah di akun media sosial resmi miliknya, Kamis.

Baca selengkapnya disini


4. MPR kecam dugaan pelanggaran HAM terhadap ABK WNI di kapal RRT

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengecam keras kasus dugaan pelanggaran HAM dan perbudakan terhadap warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi anak buah kapal (ABK) penangkap ikan berbendera Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Ia meminta pemerintah Indonesia segera turun tangan menangani kasus yang terjadi di kapal penangkap Long Xin 605, Long Xin 629, dan Tian Yu 8.

Baca selengkapnya disini


5. Efek COVID-19, elektabilitas Ganjar Pranowo dan PSI menaik

Jakarta (ANTARA) - Merebaknya COVID-19 tidak hanya berdampak pada aspek kesehatan dan sosial-ekonomi, tetapi juga berimbas pada politik, seperti meningkatnya elektabilitas Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Temuan survei Indonesia Elections and Strategic (IndEX) Research menunjukkan sejumlah kepala daerah meningkat elektabilitasnya dibandingkan hasil survei sebelumnya pada Februari 2020. Pada urutan tertinggi adalah Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Baca selengkapnya disini

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020