Bantuan ini akan sangat berarti bagi para tenaga medis di RSUI yang tengah berjuang menangani pasien yang terinfeksi COVID-19
Depok (ANTARA) - Kantor Staf Kepresidenan RI (KSP RI) memberikan bantuan alat kesehatan kepada Universitas Indonesia (UI) untuk selanjutnya diserahkan kepada Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI).

Rektor UI Prof Ari Kuncoro dalam keterangannya di Depok, Sabtu, menyampaikan terima kasih, menyambut baik dan mengapresiasi berbagai bentuk dukungan KSP RI, para alumni UI, dan masyarakat yang turut aktif mendukung UI dan RSUI di dalam memerangi COVID-19.

Baca juga: UI siap produksi 1.000 ventilator lokal COVENT-20

"Bantuan ini akan sangat berarti bagi para tenaga medis di RSUI yang tengah berjuang menangani pasien yang terinfeksi COVID-19," katanya.

Paket alat kesehatan dari KSP RI berupa alat pelindung Dldiri (APD) sebanyak 100 buah, Google medis sebanyak 100 buah, masker medis sebanyak 5.000 buah, 2 unit USG Paru Alpinion Cube, sarung tangan medis sebanyak 5.000 buah, 2 unit Syringe Pump, 2 unit Infusion Pump, dan 250 liter hand sanitizer.

Paket diterima oleh Direktur Operasi dan Pemeliharaan Fasilitas (DPOF UI) Prof Dr Ir Gandjar Kiswanto, M.Eng pada Kamis, 30 April 2020. “Seluruh paket alat kesehatan tersebut akan kami serahkan ke Rumah Sakit UI (RSUI),” kata Prof Gandjar menjelaskan.

Baca juga: UI usul terbitkan Perpres penanganan kedaruratan kesehatan COVID-19

Senada dengannya, Plt Direktur Utama RSUI, Dr dr Sukamto berterima kasih atas dukungan KSP RI dan para alumni kepada tim medis yang berada di garis depan dan semoga tidak lelah untuk mendukung karena masih banyak petugas RS yang juga membutuhkan APD.

"Bantuan ini bermanfaat bagi kami di dalam meningkatkan pelayanan optimal bagi penderita COVID-19 yang membutuhkan perawatan," katanya. 

UI memberikan apresiasi yang tinggi untuk RSUI, meskipun masih berusia satu tahun dapat dengan cepat mempersiapkan tenaga dan juga fasilitas untuk perawatan bertekanan negatif dalam penanganan pasien COVID-19.

Baca juga: MAC UI gelar tadarus seni Ramadhan secara online

Saat ini, RSUI telah mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Kota Depok sebagai RS yang didedikasikan untuk menangani COVID-19 di wilayah Kota Depok. Bahkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah meminta RSUI untuk menjadi salah satu RS rujukan wilayah Jawa Barat.

Selain itu bantuan juga datang dari Ikatan Alumni Sekolah Ilmu Lingkungan dan Sekolah Kajian Strategik dan Global UI (SIL dan SKSG UI) berupa 1.000 masker bisa dicuci.

Baca juga: RSUI lakukan inovasi dalam menghadapi pandemi COVID-19

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020