Jakarta (ANTARA) - BPJAMSOSTEK (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan) di Jakarta, Jumat menyerahkan sedikitnya 1.800 paket sembako secara simbolis kepada enam perwakilan serikat dari Dewan Pimpinan Pusat Serikat Pekerja Wilayah DKI Jakarta dan juga di 10 kota lainnya.

Direktur Pelayanan BPJAMSOSTEK Krishna Syari mengatakan paket sembako itu diberikan sebagai salah satu bentuk dukungan BPJAMSOSTEK dalam meningkatkan hubungan dengan pekerja melalui serikat pekerja (SP) dan serikat buruh (SB).

Kegiatan itu, katanya, juga dilakukan di 10 kota lainnya. Penyerahan paket sembako itu disampaikan kepada perwakilan SP dan SB di wilayah masing-masing dengan jumlah paket yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan di daerah masing-masing.

Krishna Syarif berharap kerja sama dan sinergi dengan SP dan SB di seluruh Indonesia bisa berjalan dengan baik.

"Terlebih serikat pekerja dan buruh menjadi kanal informasi yang sangat baik terkait program perlindungan dan manfaat BPJAMSOSTEK," ujarnya.

Tema diskusi yang diusung terkait penyerahan secara simbolis sembako itu adalah "Membangun Sinergi Lintas Sektor untuk Meningkatkan Kesejahteraan Pekerja di Era Krisis".

Kegiatan itu dihadiri enam perwakilan SP dan SB, juga oleh Dewan Pengawas (Dewas) BPJAMSOSTEK Rekson Silaban dan Eko Darwanto.

Rekson mengatakan sinergi antara BPJAMSOSTEK dengan SP dan SB harus selalu harmonis karena keduanya bisa saling memberikan manfaat dengan asas mutualisme yang tentunya menguntungkan bagi kedua belah pihak.

"SP dan SB merupakan mitra kerja sama strategis yang membantu BPJAMSOSTEK dalam meningkatkan kesadaran pekerja dan pengusaha terkait hak normatif," ujar Rekson

Senada dengan Rekson, Eko juga menyampaikan tantangan BPJAMSOSTEK ke depan adalah edukasi kepada para pekerja. Eksistensi SP dan SB akan sangat mendukung penyampaian informasi dan edukasi kepada pekerja.

Penyerahan sembako secara simbolis itu tetap mengacu pada aturan PSBB yang ditetapkan pemerintah, yaitu dengan meminimalisir jumlah peserta yang hadir dan menjaga jarak aman antartamu undangan yang hadir.

Selain itu, protokol yang berlaku di BPJAMSOSTEK juga diberlakukan secara ketat, seperti pengecekan suhu tubuh, penyediaan cairan pembersih tangan di lokasi kegiatan, menyiagakan petugas keamanan untuk menjaga standar higienitas dan kebersihan tamu undangan di lokasi kegiatan.

Menutup penyerahan paket sembako, Krishna berharap kerja sama antara BPJAMSOSTEK dengan serikat pekerja semakin solid. “Semoga bantuan ini meringankan beban pekerja dalam menghadapi pandemi COVID-19. Semoga wabah ini segera teratasi dan kita kembali bangkit untuk membangun negeri,” tutur Krishna.

Pewarta: Erafzon Saptiyulda AS
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2020