Dari data hari ini, untuk kasus orang dalam pemantauan (ODP) juga bertambah 13 orang menjadi 708 orang, kemudian ada pasien dalam pengawasan (PDP) bertambah satu orang menjadi 202 orang
Sidoarjo, Jatim (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sidoarja, Jawa Timur menyatakan jumlah pasien positif COVID-19 di daerah itu menembus angka 102 orang pasien setelah Kamis ini mendapatkan tambahan lagi sebanyak delapan orang pasien positif COVID-19.

Kepala Dinkes Kabupaten Sidoarjo dr Syaf Satriawarman dalam keterangan di Sidoarjo, Kamis mengatakan penambahan jumlah pasien positif COVID-19 itu tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Sidoarjo.

"Seperti di Kecamatan Buduran, yakni Desa Sidokepung satu orang, Desa Wadungasih satu orang yang berasal dari PDP (pasien dalam pengawasan) menjadi terkonfirmasi positif," katanya.

Kemudian, kata dia, juga ada di Kecamatan Waru satu orang yakni di Desa Ngingas, di Kecamatan Candi seorang ada di Desa Klurak. dan di Kecamatan Gedangan satu orang ada di Desa Tebel.

"Selain itu, di Kecamatan Prambon seorang di Desa Bulang. Kecamatan Sedati seorang di Desa Semampir. dan di Kecamatan Sukodono seorang di Desa Masangan Wetan," katanya.

Selain positif, kata dia, juga ada satu pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak seorang di Desa Kemiri, Kecamatan Sidoarjo.

"Dari data hari ini, untuk kasus orang dalam pemantauan (ODP) juga bertambah 13 orang menjadi 708 orang, kemudian ada pasien dalam pengawasan (PDP) bertambah satu orang menjadi 202 orang," katanya.

Ia menjelaskan, dari data hari ini juga dilaporkan ada seorang PDP meninggal dunia yang berasal dari Desa Kebonagung, Kecamatan Sukodono.

"Perlu diketahui untuk pasien meninggal ODP dan PDP belum tentu dikarenakan oleh COVID-19 dan belum tentu positif COVID-19," katanya.

Pihaknya mengimbau untuk memutus rantai penyebaran virus corona, selalu menerapkan physical distancing dan menggunakan masker apabila terpaksa keluar rumah untuk hal darurat.

"Selalu cuci tangan dengan sabun selama 20 detik dan bilas dengan air yang mengalir," demikian Syaf Satriawarman.

Baca juga: Kabupaten Sidoarjo siapkan 21 titik "check point" saat PSBB

Baca juga: Bertambah tiga, Sidoarjo laporkan kasus positif COVID-19 jadi 60 orang

Baca juga: Menkes setujui PSBB Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020