Imigrasi jelaskan layanan urus paspor haji tunggu ketentuan Kemenag

Imigrasi jelaskan layanan urus paspor haji tunggu ketentuan Kemenag

Jamaah menunaikan Shalat Tarawih di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, di tengah merebaknya wabah COVID-19, Jumat (24/4/2020). Pemerintah Arab Saudi memperpanjang penangguhan shalat berjamaah selama bulan Ramadhan di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk membendung penyebaran COVID-19. Pemerintah Saudi belum memutuskan pelaksanaan haji tahun 2020 ini. ANTARA FOTO/REUTERS/Yasser Bakhsh/pras.

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Imigrasi menyatakan bahwa layanan permohonan pengurusan paspor untuk calon jamaah haji masih menunggu ketentuan dari Kementerian Agama terkait kepastian pelaksanaan ibadah haji tahun 2020.

"Terkait dengan kekhawatiran calon jamaah haji yang sudah mendaftar untuk berangkat haji tahun ini, kita menunggu saja informasi dari Kementerian Agama. Ketika Kementerian Agama sudah menyatakan jalan, tentu kita akan layani permohonan paspornya," ujar Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Cucu Koswala dalam diskusi yang digelar secara daring, di Jakarta, Senin.
Baca juga: Tentang pelaksanaan haji, Kemlu RI sebut belum ada keputusan Saudi

Terkait hal tersebut, Cucu mengaku telah menjalin komunikasi dengan Direktur Pelayanan Haji dan Umrah Kementerian Agama. Dalam komunikasi tersebut, diketahui bahwa Kementerian Agama belum bisa memastikan pelaksanaan ibadah haji 2020, lantaran masih menunggu keputusan dari Pemerintah Arab Saudi.

Selain itu, Cucu mengatakan dirinya juga telah berkomunikasi dengan Kedutaan Besar Arab Saudi terkait kepastian pelaksanaan ibadah haji 2020.

"Mereka juga masih menunggu informasi atau keputusan dari Pemerintah Arab Saudi. Mudah-mudahan dalam pertengahan bulan depan sudah ada kabar apakah bisa diselenggarakan haji atau tidak," kata dia.
Baca juga: Kementerian Agama siapkan dua skenario penyelenggaraan haji

Kendati demikian, Cucu mengatakan pihaknya telah menyelesaikan sekitar 80 persen pengurusan paspor calon jamaah haji tahun 2020.

Pada Rabu (1/4), Kementerian Luar Negeri RI menyebut belum ada keputusan dari Pemerintah Arab Saudi mengenai pelaksanaan ibadah haji tahun ini, menyusul penangguhan ibadah umrah yang diberlakukan negara tersebut untuk membendung penularan virus corona tipe baru atau COVID-19.

"Apakah (ibadah haji) akan dilakukan atau tidak, belum ada keputusan resmi dari Pemerintah Saudi," kata Direktur Timur Tengah Kemlu RI Achmad Rizal Purnama kepada wartawan melalui konferensi video.
Pewarta : Fathur Rochman
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020