Polda DIY amankan puluhan remaja pelaku balap liar

Polda DIY amankan puluhan remaja pelaku balap liar

Polda DIY amankan puluhan remaja pelaku balap liar. (ANTARA/HO/Humas Polda DIY)

Yogyakarta (ANTARA) - Jajaran Direktorat Samapta Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta mengamankan puluhan remaja yang terlibat aksi balap liar di sekitar Stadion Maguwoharjo, Sleman pada Minggu.

"Sudah dua hari ini selama puasa kami melakukan patroli pencegahan balap liar. Hari ini tanggal 26 April 2020 diamankan 29 remaja beserta kendaraannya," kata Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Kapolda DIY) Kombes Pol Yuliyanto melalui keterangan resminya di Yogyakarta, Minggu.

Baca juga: Polda DIY bubarkan 1.428 kerumunan cegah penularan COVID-19

Menurut Yuliyanto, penindakan itu dilakukan setelah muncul laporan dari masyarakat terkait aksi balap liar di sekitar Stadion Maguwoharjo, Sleman. Balap liar itu berlangsung setelah sahur atau sekitar pukul 05.00 WIB hingga 06.00 WIB.

Sebanyak 17 personel Polda DIY kemudian menggiring puluhan remaja itu beserta kendaraannya ke kantor polisi.

Para pelaku kemudian diberikan pembinaan, ditilang serta diminta membuat surat pernyataan tertulis.

Baca juga: Polda DIY akan mendata warga yang baru tiba dari luar daerah

"Mereka kita lakukan pembinaan, ditilang, kemudian dipanggil orang tuanya supaya tidak mengulangi perbuatannya kembali," kata dia.

Sebelumnya, saat razia balap liar di lokasi yang sama pada Sabtu (25/4), polisi juga mengamankan 55 remaja beserta kendaraannya.

Ia berharap tidak ada lagi kegiatan balap liar atau kegiatan yang memicu kerumunan lainnya sehingga upaya pencegahan penyebaran COVID-19 bisa dilaksanakan dengan baik.

Baca juga: Polda DIY siapkan personel bantu pemakaman korban COVID-19

"Kegiatan ini akan kami lakukan terus baik oleh jajaran polda maupun jajaran polres sampai dengan polsek dan kami berharap tidak ada lagi balapan liar, tidak ada lagi kumpul-kumpul," kata Yuliyanto.
Pewarta : Luqman Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020