Damkar Jaksel evakuasi pohon beringin tumbang

Damkar Jaksel evakuasi pohon beringin tumbang

Petugas Damkar Jakarta Selatan mengevakuasi batang pohon beringin yang tumbang di depan PPOP Ragunan RT 09/RW 07 Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (24/4/2020) (ANTARA/HO-Damkar Jakarta Selatan)

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Jakarta Selatan mengevakuasi pohon jenis beringin tumbang akibat hujan deras di hari pertama Ramadhan, Jumat.

"Pohon beringin berdiameter kurang lebih 60 cm tumbang depan gedung PPOP Ragunan RT 09/RW 07 Pasar Minggu, Jakarta Selatan," kata Kepala Regu Grup B Damkar Sektor Pasar Minggu Andrian Novandi, di Jakarta, Jumat.

Dikatakan, satu unit regu penyelamat dengan lima personel dikerahkan ke lokasi melakukan evakuasi batang pohon yang tumbang.

"Beruntung tidak ada korban jiwa, pohon tumbang ke sini samping, tidak menutup jalan dan tidak ada bangunan yang rusak," katanya.

Andrian menyebutkan, pohon tumbang menimpa kabel listrik yang ada di lokasi kejadian, beruntung tidak ada kabel listrik yang putus.

Baca juga: Dua pohon tumbang di Jaktim akibat hujan

Selain karena hujan cukup lebat yang terjadi pukul 12.45 sampai dengan 14.30 WIB, diduga kondisi pohon keropos jadi penyebab tumbangnya.

"Evakuasi material pohon selesai dievakuasi sebelum jam buka puasa sekitar pukul 15.41WIB, hujan juga sudah berhenti," kata Andrian.

Kejadian pohon tumbang di wilayah Jakarta Selatan akibat hujan lebat juga terjadi Senin (13/4), tercatat ada enam pohon yang tumbang di sejumlah lokasi pada hari itu.

Berikut rinciannya, pohon beringin berdiameter 50 cm tumbang di Jalan Gunawarma, Kelurahan Selong, Kebayoran Baru menimpa tiang penerangan jalan umum (PJU) hingga roboh dan rusak berat.

Baca juga: Pohon angsana tumbang menutup sebagian Jalan Raya Bekasi

Selanjutnya pohon Tanjung berdiameter 40 cm di Jalan Panglima Polim XII Kelurahan Melawai, Kebayoran Baru.

Lokasi ketiga, pohon Tanjung berdiameter 15 cm ek TM Tumbun Kembanh, Jalan Pakubuwono VI, Kebayoran Baru.

Selanjutnya pohon jenis Bintaro berdiameter 40 cm di Jalan Margasatwa, Pondok Labu, Cilandak dan pohon Mahoni berdiameter 40 cm di Jalan Wijaya Kusuma 1, Pondok Labu, Cilandak.

Pohon sempal jenis Mahoni berdiameter 20 cm di Jalan Suryo, Rawabarat. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian pohon tumbang di empat lokasi tersebut.
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020