Jakarta (ANTARA) - Partai NasDem melalui Gerakan NasDem Peduli kembali melakukan gerakan kemanusiaan dengan memberikan bantuan 5.000 alat pelindungan diri (APD) maupun materi kepada petugas medis yang menjadi garda terdepan memerangi COVID-19 di tanah air.

Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni yang menyerahkan langsung bantuan tersebut, di Kampus Akademi Bela Negara (ABN) NasDem, Pancoran،, Jakarta, Senin, menegaskan bahwa langkah ini diambil sebagai wujud kepedulian partai besutan Surya Paloh itu dalam rangka mendukung moril para petugas medis yang tak kenal lelah dan tak takut melayani para pasien COVID-19 yang hingga saat ini secara kuantitas terus mengalami peningkatan.

"Tidak mudah bagi dokter dan para medis di rumah sakit yang perjuangannya luar biasa bagi kita. Hal inilah yang mendorong kita untuk memberikan perhatian dan semoga ini menjadi kebahagiaan dan semangat kita menghadapi wabah ini," kata Sahroni.

Baca juga: Bantuan beras legislator PDIP pusat-daerah sasar 21 kecamatan Surabaya

NasDem, lanjut Sahroni, menyalurkan bantuan berupa 5.000 APD sebagai wujud apresiasi kepada petugas medis yang diwakili oleh tiga organisasi yang berkecimpung pada persoalan kesehatan masyarakat yakni IDI (Ikatan Dokter Indonesia), PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) dan PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia):

NasDem juga memberikan santunan kepada ahli waris pahlawan kemanusiaan yang menjadi korban meninggal akibat berjuang menangani pasien-pasien COVID-19. Adapun nominal yang disalurkan adalah masing-masing sebesar Rp10 juta bagi 6 ahli waris mewakili PDGI, 16 ahli waris dari PPNI, begitu pula 21 ahli waris dari IDI.

"Semoga bantuan ini bermanfaat buat keluarga yang ditinggalkan dan menjadi pesan bagi orang lain bahwa bersama-sama berkontribusi memberi bantuan kemanusiaan," kata Wakil Ketua Komisi III Hukum DPR itu.

Baca juga: Demokrat Surabaya bagikan 10 ribu masker cegah COVID-19

Ia menambahkan, langkah selanjutnya NasDem akan memberikan 500.000 APD yang akan dibagikan di seluruh Indonesia untuk membantu para dokter dan paramedis di rumah sakit dalam menangani COVID-19.

"Kita bagikan ke RS kecil maupun besar dan yang terpenting adalah mari kita sama-sama saling menyemangati untuk melawan wabah ini. Kita bergandengan tangan memerangi COVID-19," kata Sahroni.

Sementara itu, Ketua Umum PDGI, Drg. Hananto Seno mengapresiasi sisi kemanusiaan Partai NasDem berupa pemberian bantuan APD untuk para tenaga medis tersebut.

Baca juga: DPC Partai Gerindra Serang bagikan masker

"Ini merupakan aktivitas yang luar biasa mungkin ini suatu ujung tombak dari partai-partai yang yang pertama kali memberikan penghargaan luar biasa kepada para korban dan memberikan suatu bantuan," ujarnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020