Padang, (ANTARA) - Satpol PP Kota Padang, Sumatera Barat mengedukasi masyarakat yang melaksanakan tradisi ziarah kubur ke makam keluarga jelang memasuki bulan Ramadhan 1441 Hijriah agar menggunakan masker dan menjaga jarak sesuai protokol COVID-19.

Kepala Satpol PP Kota Padang Alfiadi di Padang, Minggu mengatakan warga Gunung Pangilun merasa kurang nyaman karena warga datang dalam jumlah banyak melakukan ziarah yang ada di lokasi tersebut.

Baca juga: MUI Sulsel imbau umat ikuti seruan agar sementara tidak ziarah kubur
Baca juga: MUI: Ziarah kubur sebaiknya ditiadakan saat pandemi COVID-19



Ia mengatakan warga Gunung Pangilun telah menjalankan kegiatan pencegahan dengan tidak keluar rumah namun dengan adanya warga yang datang ziarah dalam jumlah banyak membuat resah penduduk sekitar.

Menurut dia warga yang ziarah itu ada yang datang khusus dari luar Kota Padang dan juga ada dari dalam kota ke makam keluarga mereka yang ada di Gunung Pangilun.

Ia mengatakan menyikapi keresahan warga, petugas langsung ke lokasi memberikan arahan dan imbauan secara kekeluargaan.

Pihaknya meminta warga yang ziarah tidak berlama-lama di makam dan menjaga jarak satu dengan lainnya serta wajib menggunakan masker karena adanya pandemi COVID-19.

"Setelah diberikan arahan mereka menjalankan sesuai protokol COVID-19 dengan menggunakan masker," kata dia

Ia berharap warga menghentikan sejenak kegiatan tradisi yang mengundang orang banyak agar pandemi ini cepat berlalu.

"Ikutilah intruksi pemerintah dalam percepatan penanganan COVID-19. Kami mohon untuk menghentikan sejenak kegiatan tradisi yang mengundang orang banyak," kata dia.

Baca juga: Satpol PP Padang kerahkan seluruh personel dukung pelaksanaan PSBB
Baca juga: Ombudsman: Lakukan sosialisasi optimal jelang PSBB di Sumbar

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020