Danrem minta SatgasTMMD sosialisasikan pencegahan virus corona

Danrem minta SatgasTMMD sosialisasikan pencegahan virus corona

Danrem Gapo Kol Arh Sonny Septiono meninjau lokasi TMMD. ANTARA/HO-Penrem

Palembang (ANTARA) - Danrem 044/Garuda Dempo Kolonel Arh Sonny Septiono meminta Satuan Tugas Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa menyosialisasikan pencegahan penyebaran virus corona baru (COVID-19) kepada masyarakat.

"Paparan COVID-19 perlu diantisipasi bersama sehingga perlu disampaikan pada masyarakat," katanya usai meninjau pelaksanaan TMMD
di Desa Taja Mulya dan Desa Taja Indah, Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Senin.

Ia menjelaskan tentang pentingnya masyarakat mendapatkan pemahaman dan pencegahan penyebaran virus corona tersebut.

Oleh karena itu, katanya, melalui TMMD, anggota satgas perlu melaksanakan sosialisasi pencegahan COVID-19.

"Mari bersama-sama mencegah penularan COVID -19, termasuk di Kabupaten Banyuasin, Kecamatan Betung, khusus tempat TMMD," katanya.

Ia juga mengingatkan anggota satgas untuk tetap menjaga stamina dan kesehatan mengingat kondisi cuaca di lokasi TMMD hujan turun secara terus-menerus.

"Dengan stamina yang kuat dan itu salah satu upaya dalam mencegah paparan COVID-19," ujar dia.

Ia juga menekankan kepada satgas untuk menyelesaian semua sasaran program fisik TMMD tepat waktu, supaya dapat diserahkan pada masyarakat dan dimanfaatkan sebagai jalan perekonomian.

"Hal ini karena mengingat tidak ada waktu tambahan dalam pelaksanaan TMMD. Oleh karena itu, program kegiatan fisik ini agar diatur sebaik-baiknya sehingga nantinya selesai tepat waktu," ujar dia.

Baca juga: Satgas TMMD Bukit Barisan ajak warga melawan wabah COVID-19

Ia menjelaskan TMMD salah satu wujud Operasi Bhakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan departemen, lembaga pemerintah nondepartemen dan pemerintah daerah, serta seluruh komponen masyarakat lainnya.

Tujuan TMMD, katanya, mendukung program pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan pembangunan sarana dan prasarana, khususnya di daerah terpencil dan terisolasi.

Selain itu, katanya, membangkitkan kembali budaya gotong royong di masyarakat.

Ia mengharapkan dukungan seluruh komponen masyarakat desa, terutama di lokasi pelaksanaan TMMD, dengan harapan semua program dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan.

Sasaran yang ditinjau, yakni di Desa Taja Mulya antara lain berupa pembukaan jalan baru sepanjang 6,8 kilometer, rehab jembatan besi dengan ukuran 42x4 meter, pembuatan gorong-gorong di Dusun 1, Desa Taja Indah.

Semua sasaran program TMMD di daerah itu, katanya, sudah mencapai 95 persen, sedangkan pengerjaannya tinggal tahap akhir.

"Insyaallah akan segera rampung dalam beberapa hari ke depan," katanya.

Pada ke-28 pelaksanaan TMMD ke-107 Tahun 2020 Kodim 0430/Banyuasin di Desa Taja Mulya dan Desa Taja Indah, Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Danrem Kolonel Arh Sonny Septiono antara lain bersama Kasiter Korem Mayor Inf Banu, Dandim 0430/Banyuasin Letkol Arh Alfian Amran, Kades Taja Mulya Supandi Usman, Kades Taja Indah Alfikar melaksanakan peninjauan ke beberapa sasaran fisik TMMD.

Baca juga: Satgas TMMD sosialisasikan pencegahan corona pada warga Kampung Kibay
Baca juga: Upacara pembukaan TMMD ditiadakan untuk cegah penularan virus Corona
Baca juga: Pembukaan TMMD di Sleman di ruangan, antisipasi corona
Pewarta : Ujang Idrus
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020