Jakarta (ANTARANews) - Prajogo Pangestu, Founder dan Chairman Barito Pacific Group menyalurkan bantuan untuk penanganan pandemi COVID-19 senilai 30 miliar rupiah, yang diserahkan secara bertahap. Sumbangan ini disalurkan untuk rumah sakit di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Bantuan diperoleh dari dua anak perusahaan Barito Pacific Group yaitu Chandra Asri, Star Energy serta Yayasan Bakti Barito.

"Kami turut berempati dan merasa prihatin terhadap mereka yang langsung terkena dampak dari pandemi ini. Hal itu sejalan pula dengan arahan Founder , Barito Pacific Prajogo Pangestu yg ingin turut serta membantu meringankan beban masyarakat dan pemerintah, dlm menangani masalah pademic Covid 19," menurut Dirut Barito Pacific Agus Salim Pangestu. 

Bantuan medis yang diserahkan mencakup 45.000 alat tes COVID-19 yang terdiri dari polymerase chain reaction (PCR) dan rapid test kit. Terdapat juga 120.000 surgical mask dan masker N95, serta 2 unit ventilator (mesin untuk membantu pernapasan). Bantuan lain adalah 60.000 alat pelindung diri, puluhan alat terapi oksigen, ratusan sarung tangan, sepatu boot, dan peralatan lainnya. Seluruh barang medis ini sudah didistribusikan sejak akir Maret dan berlanjut hingga sekarang dan waktu waktu mendatang. Kesemuanya disalurkan oleh Yayasan Bakti Barito, Chandra Asri dan Star Energy. 

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo ketika dilaporkan tentang sumbangan ini kemarin malam di kantor BNPB Jakarta, menyampaikan apresiasi yg sangat tinggi karena langkah yg dilakukan Oleh Chandra Asri, Star Energy dinilai sudah tepat sasaran dan sangat bermanfaat dalam kondisi seperti sekarang ini. Doni Monardo pada kesempatan tersebut juga mengajak seluruh elemen masyarakat, baik di akar rumput hingga ke tataran pejabat, pengusaha hendaknya berpartisipasi sekecil apapun, bersatu padu mendukung seluruh kebijakan pemerintah dalam menangani wabah covid 19.

Menurut Doni Monardo dengan jumlah pasien yang terus bertambah sehingga melebihi kapasitas yang ada di sebagian besar rumah sakit. Bahkan sekarang mereka dilanda kekurangan perangkat medis. Oleh karena itu, bantuan Prajogo Pangestu beserta unit usaha dan yayasan Bakti Barito sangat membantu apalagi saat ini peralatan tersebut sulit didapat karena seluruh dunia sekarang memerlukannya.

Rumah Sakit yang akan menerima bantuan ini adalah:
• Jakarta: Rumah Sakit Sulianti Saroso, Harapan Kita, Persahabatan, Carolus dan RSCM.
• Banten: Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilegon, RSUD Serang, RSUD Propinsi Banten serta Rumah Sakit Krakatau Medika
• Jawa Barat: RSUD Cibinong Bogor, RS Al Ihsan Bandung, RS Hasan Sadikin Bandung, RSUD Syamsudin Sukabumi, RSUD Slamet Garut

Tentang Barito Pacific Group
Barito Pacific Group adalah perusahaan energi yang terintegrasi di Indonesia dengan berbagai aset di sektor energi dan industri. Grup ini memiliki dua anak usaha, yaitu Chandra Asri yang bergerak di bidang petrokimia dan Star Energy di industri panas bumi. 
Untuk informasi lebih lanjut: www.barito-pacific.com

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2020