Pekanbaru (ANTARA) - Warga yang tinggal di Rumah Susun Sewa atau Rusunawa Rejosari di Kelurahan Bambu Kuning Kota Pekanbaru, Riau, keberatan dengan rencana pemerintah kota setempat yang akan menggunakan fasilitas tersebut untuk tempat karantina tenaga kerja Indonesia (TKI) yang pulang dari Malaysia.

Warga menunjukkan protes tersebut di Rusunawa, Senin, dengan membentangkan spanduk bertuliskan “Kami warga Kel. Bambu Kuning Sepakat Menolak TKI”. Sejumlah warga mengatakan rencana penggunaan rusunawa sangat mendadak dan tidak disosialisasikan dengan benar oleh Pemerintah Kota Pekanbaru.

Baca juga: Jumlah ODP di Riau tembus 10.000 seiring pulangnya TKI dari Malaysia

Protes warga kini juga tersebar lewat media sosial yang menyebutkan Rusunawa Rejosari tepatnya di Twin Blok 2 dan 3 akan digunakan untuk penampungan TKI yang pulang dari Malaysia.

Gubernur Riau, Syamsuar, mengatakan juga baru pada Senin ini mendapat laporan tentang hal tersebut dari Wali Kota Pekanbaru Firdaus, saat rapat dengan pemerintah kabupaten dan kota.

“Tadi memang ada usulan dari Pak Wali Kota Pekanbaru, tapi kita belum mengiyakan,” ujar Syamsuar.

Ia mengatakan usulan tersebut akan dipertimbangkan dari berbagai aspek, terutama kelayakan kondisinya oleh tim medis penanganan COVID-19 Riau.

“Dari semua usulan kan harus kami lihat terutama dari dokter kami layak atau tidak,” katanya.

Ia mengatakan Wali Kota Pekanbaru untuk mengkarantina TKI dari Malaysia untuk mencegah penyebaran Virus Corona. Sebabnya, seluruh TKI maupun WNI yang baru pulang dari negara dengan penyebaran COVID-19 langsung berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Baca juga: Ratusan TKI pulang dari Malaysia mulai "banjiri" Riau

Wali Kota Pekanbaru mengusulkan fasilitas Rusunawa Rejosari sebagai tempat karantina ODP yang menunjukan gejala ringan.

“Untuk gejala yang ringan saja, yang sedang dan berat tidak disitu, tentu di rumah sakit,” kata Syamsuar.

Jumlah ODP di Provinsi Riau melonjak drastis jadi 10.678 orang seiring dengan terus masuknya TKI yang pulang akibat karantina wilayah atau "lockdown” di Malaysia.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Riau hingga Senin siang, jumlah ODP atau orang yang berpergian dari negara penularan COVID-19, mencapai 10.678 orang atau naik signifikan dibandingkan data pada Senin pagi yang tercatat ada 7.144 orang.

Dari jumlah tersebut, baru 102 orang yang sudah selesai proses pemantauan. Di Pekanbaru, jumlah ODP ada 430 orang.

Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) atau terduga COVID-19 mencapai 105 orang, dimana baru 30 orang dinyatakan sehat dan satu orang meninggal dunia.

Sedangkan, jumlah kasus positif ada dua dimana satu pasien sudah sehat dan boleh pulang. Dua positif Covid-19 tersebut berada di Pekanbaru yang membuat pemerintah daerah setempat menetapkan status tanggap darurat COVID-19.

Baca juga: Ribuan TKI terkena "lockdown" Malaysia akan pulang via Pelabuhan Dumai

Baca juga: Pemerintah diminta perhatikan pekerja migran Indonesia di Malaysia

Baca juga: PCIM Malaysia bikin baksos bantu WNI kena lockdown


Pewarta: FB Anggoro
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2020