"Jangan sampai rumah sakitnya tidak siap karena mereka tidak mendapakan tool kits untuk pemeriksaan itu," katanya.
Jakarta (ANTARA) - Perhimpunan Dokter Emergency Indonesia (PDEI) mendesak pemerintah untuk segera memenuhi kebutuhan peralatan medis di rumah sakit-rumah sakit rujukan yang menangani kasus wabah COVID-19.

"Karena mereka juga membutuhkan tool kits (peralatan) untuk pemeriksaan itu," kata Ketua PDEI Mohammad Adib Khumaidi melalui sambungan telepon kepada ANTARA di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan sejumlah rumah sakit saat ini mengalami kelangkaan alat medis, terutama untuk menangani pasien yang terjangkit virus SARS-CoV-2, penyebab penyakit COVID-19.

Pemeriksaan massal juga, kata dia, harus ditindaklanjuti dengan kemampuan rumah sakit dan kelengkapan alat medis yang dibutuhkan karena tidak semua rumah sakit memilikinya.

Baca juga: Kementerian BUMN terus usaha siapkan APD untuk garda depan COVID-19

"Karena tidak semua rumah sakit itu punya," katanya.

Para tenaga medis, kata dia, saat ini sangat membutuhkan peralatan medis yang dibutuhkan untuk menangani wabah COVID-19 tersebut. Sehingga dengan pemenuhan alat-alat medis tersebut, mereka dapat terhindar dari kemungkinan penularaan saat bekerja menangani pasien.

Selain itu, ia juga mendorong dibukanya lebih banyak lagi pusat-pusat pelayanan kesehatan yang dapat melakukan tes PCR sehingga penetapan status pasien terkait kemungkinan terjangkit COVID-19 dapat lebih cepat diperoleh.

Baca juga: Tangkal Corona, Mahfud: Impor alat kesehatan dipermudah

"Peralatan-peralatan untuk tes PCR ini tidak semua center pelayanan kesehatan punya. Nah, ini harus dibuka. Kalau memang awal kebijakannya hanya satu tempat Balitbangkes Kemenkes. Kalaupun ada rumah sakit, rumah sakit memeriksakan ke Balitbang," katanya.

"Kalau sekarang jika itu memang dibuka di tempat lain, itupun harus ditentukan oleh pemerintah di tempat-tempat mana saja," katanya lebih lanjut.

Dengan seperti itu, masyarakat dapat mengetahui rumah sakit atau pusat pemeriksaan mana yang sudah dilengkapi dengan alat pemeriksaan itu. Sehingga mereka dapat dengan mudah mengaksesnya.

"Jangan sampai rumah sakitnya tidak siap karena mereka tidak mendapakan tool kits untuk pemeriksaan itu," katanya.

Baca juga: Pemerintah siap distribusikan APD kepada tenaga kesehatan

Pewarta: Katriana
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020