Pemerintah siapkan hotel hunian staf medis atasi COVID-19

Pemerintah siapkan hotel hunian staf medis atasi COVID-19

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio . ANTARA/Hanni Sofia

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengatakan pemerintah telah bekerja sama dengan hotel sebagai tempat tinggal atau hunian darurat bagi para staf medis dan relawan dalam mengatasi wabah virus COVID-19.

“Ada langkah sedang dilakukan, yaitu kerja sama dengan jaringan hotel, untuk sarana tempat tinggal bagi gugus tugas percepatan penangangan dan medis untuk tinggal lebih dekat, dan kalau memungkinkan dijadikan tempat perawatan,” kata Wishnutama melalui streaming video yang dipantau ANTARA di Jakarta, Senin.

Ia juga menjelaskan bahwa kerja sama dengan jaringan hotel, tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan perawatan darurat, apabila lokasi rumah sakit yang ditunjuk pemerintah jauh dari jangkauan.

Sektor pariwisata merupakan sektor yang langsung terdampak atas mewabahnya virus COVID-19. Dengan adanya hotel sebagai sarana menetap sementara bagi relawan dan petugas medis yang bekerja, maka diharapkan penanganan akan lebih cepat, sebab lokasi jarak menjadi lebih dekat.

Namun, Wishnutama belum merinci secara detail wilayah jaringan hotel mana yang telah bekerja sama dengan pemerintah untuk menanggulangi penanganan virus COVID-19.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap di rumah serta bersatu padu dalam memerangi virus ini dengan cara mematuhi imbauan-imbauan dari pemerintah agar dapat mengendalikan penyebaran virus.

“Mari kita ikuti arahan-arahan dari pemerintah dan gugus tugas, sebab cara dan penanganan wabah ini di setiap negara tentu saja berbeda-beda, sebab memiliki kondisi yang tidak sama,” katanya.

Baca juga: Sebanyak 30 objek wisata di Buleleng-Bali tutup sementara
Baca juga: Jalur khusus antisipasi COVID-19 diberlakukan di Bandara Ngurah Rai

 

Pewarta : Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020