Jakarta (ANTARA News) - Direktorat Jendral (Ditjen Pajak) menyebar drop box (kotak penyerahan) surat pemberitahuan (SPT) tahunan pajak di 207 lokasi strategis wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Direktur Pelayanan, Penyuluhan, dan Humas Ditjen Pajak, Djoko Surjoputro di Jakarta, Selasa, menyebutkan, penyebaran drop box itu untuk mengantisipasi membludaknya penyampaian SPT oleh wajib pajak (WP).

Penyebaran drop box itu termasuk juga di beberapa mal di Jakarta seperti Plaza Semanggi, Grand Indonesia, dan Senayan City.

Di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Terpadu Jakarta di Jalan Ridwan Rais terdapat 6 drop box, masing-masing di KPP Pratama Menteng Dua, KPP Madya Jaktim, KPP Madya Jakpus, KPP Madya Jaksel, KPP Madya Jakbar, dan KPP Madya Jakut.

Ditjen Pajak memperkirakan puncak penyerahan SPT tahunan pajak akan terjadi pada hari ini bersamaan dengan hari terakhir penyerahan SPT yaitu 31 Maret.

Untuk mengantisipasi puncak penyerahan SPT pada hari ini, beberapa kantor pelayanan pajak (KPP) pada 31 Maret ini akan buka hingga malam hari seperti KPP Pratama Jakarta Menteng Dua Jalan Ridwan Rais yang akan dibuka hingga pukul 19.00 WIB.

Ditjen Pajak hanya menargetkan perolehan SPT sekitar 35 persen dari total WP yang terdaftar sekitar 12,7 juta.

Sementara itu berdasar pemantauan di KPP di Jalan Matraman Jakarta Timur dan KPP di Jalan Kramat Raya Jakarta Pusat pada Selasa pagi, WP tampak ramai melakukan penyerahan SPT tahunan Pajak Penghasilan orang pribadi. (PPh OP).

Meskipun demikian tidak terjadi antrian panjang penyerahan SPT di dua KPP itu.  (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009