Dinkes Sumut kirim sample 3 PDP diduga suspect corona ke Balitbangkes

Dinkes Sumut kirim sample 3 PDP diduga suspect corona ke Balitbangkes

Petugas medis berada di dalam ruangan infeksius Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan, Sumatera Utara, Rabu (4/3/2020). ANTARA/Septianda Perdana/hp.

Medan (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) telah mengirim sample tiga Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dengan dugaan terpapar virus corona atau suspect COVID-19, ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) di Jakarta.
 
"Saat ini sudah dikirim ke Balitbangkes di Jakarta. Jadi sejauh ini kita masih menunggu hasil konfirmasi pemeriksaan laboratorium, apakah ketiga PDP ini positif atau negatif terinfeksi COVID-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan, Senin.
 
Ketiga PDP tersebut kata Alwi tengah menjalani perawatan dan isolasi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik.
Alwi mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan menjaga diri serta keluarga. Karena, meski Sumut belum menyatakan lockdown atas virus corona ini, namun situasinya akan sangat dinamis.
 
"Jadi tergantung bagaimana perkembangan situasinya. Namun apapun kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi nanti, kita betul-betul sudah siap," ujarnya.
 
Diketahui, hingga saat ini berdasar data yang diumumkan secara nasional, kasus COVID-19 yang terkonfirmasi positif ada 117 kasus dan dari jumlah itu, delapan pasien sembuh dan lima orang meninggal dunia.
Pewarta : Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020