Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita bidang humaniora pada Kamis (5/3) yang masih menarik dan informatif untuk disimak pada pagi ini, seperti video Presiden Joko Widodo soal pencegahan virus corona (COVID-19).

Selain itu, perkembangan penyembuhan pasien COVID-19, imbauan media terkait pemberitaan virus corona, hingga Babinsa yang terinjak gajah liar.


Presiden Jokowi buat video pencegahan COVID-19

Presiden Joko Widodo mencontohkan cara untuk mencegah penyebaran virus corona jenis baru itu, melalui video di saluran Youtube Sekretariat Presiden berjudul "Cara Cegah Korona".

Dalam video tersebut Presiden meminta masyarakat untuk tidak berlebihan merespons penyebaran corona karena lebih dari 50 ribu penderita COVID-19 telah sembuh.

Baca beritanya di sini.

Perkembangan penyembuhan pasien COVID-19

Kementerian Kesehatan menegaskan dua warga negara Indonesia yang positif terkena virus corona dan disebut sebagai kasus 1 dan kasus 2 dalam kondisi membaik. Kedua pasien tersebut tidak diinfus, tidak menggunakan respirator oksigen sebagai alat bantu napas, sudah tidak panas, dan hanya sedikit batuk. Selain itu, dokter spesialis paru dari IDI dr Erlina Burhan Sp.P(K) menyebut tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di atas 90 persen.

Baca perkembangan pasien COVID-19 Indonesia di sini dan penjelasan dokter soal proses penyembuhannya di sini.


Media diminta tidak berlebihan beritakan COVID-19

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat mengeluarkan surat edaran tentang penyiaran wabah COVID-19 yang isinya meminta media berlaku proporsional atau tidak berlebihan dalam memberitakan terkait dengan wabah tersebut. Komisioner KPI Pusat Yuliandre Darwis mengatakan hal tersebut menyikapi perkembangan pemberitaan dan penyampaian informasi di beberapa media penyiaran yang bila tidak diingatkan berpotensi menimbulkan kepanikan masyarakat.

Baca beritanya di sini.


Babinsa Kodam Sriwijaya meninggal terinjak gajah liar

Seorang Bintara Pembina Desa yang bertugas di Kodim 04/02 Ogan Komering Ilir, Kodam II/Sriwijaya Sertu Iskandar Zulkarnain, tewas diinjak gajah liar saat mereka mengusir binatang dilindungi itu karena sudah masuk perkampungan. Peristiwa ini bermula saat seekor gajah liar memasuki perkebunan hingga pemukiman warga Dusun Belanti, Desa Banyu Biru, Kecamatan Air Sugihan, Ogan Komering Ilir.

Simak cerita lengkapnya di sini.
 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020