Imigrasi Palu buka layanan simpati paspor haji

Imigrasi Palu buka layanan simpati  paspor haji

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Palu, Danil. ANTARA/ Anas Masa

Palu (ANTARA) - Kantor Imigrasi Palu di Sulawesi Tengah membuka pelayanan simpati pengurusan dokumen keimigrasian berupa paspor untuk para calon jamaah haji dari kabupaten/kota yang ada di provinsi itu.

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Palu, Danil di Palu, Selasa membenarkan adanya program tersebut semata-mata untuk membantu dan memudahkan masyarakat mendapatkan paspor haji.

Ia mengatakan pelayanan simpati dimaksud dibuka pada hari libur Sabtu dan Minggu.

Petugas imigrasi pada hari libur tetap membuka layanan pengursan paspor haji. "Tapi itu hanya untuk calon jemaah haji," kata dia.
Baca juga: Imigrasi Palu jemput bola mudahkan calon jamaah haji

Sementara untuk pengurusan paspor umroh dan umum dilakukan setiap hari kerja saja.

Pelayanan paspor simpati yang dilakukan jajaran Imigrasi Palu, kata Danil selain dilaksanakan di Kantor Imigrasi Palu, juga dengan sistem jemput bola terhadap calon jemaah haji yang ada di kabupaten.

Petugas imigrasi yang akan turun ke kabupaten dan melakukan kegiatan baik di tempat yang sudah ditentukan maupun langsung ke rumah atau rumah sakit, jika memang calon jemaah haji itu dalam keadaan sakit.

Namun, kata dia, para calon jemaah haji yang sakit baik dirawat di rumah maupun di rumah sakit harus disertai dengan surat keterangan atau rekomendasi dari dokter yang merawatnya.

Atas dasar surat keterangan dan rekomendasi dari dokter, maka petugas imigrasi akan mendatangi calon jemaah haji dan melakukan perekaman/foto.
Baca juga: 151 paspor calon haji diserahkan Imigrasi Batulicin-Kalsel

Selanjutnya, penerbitan paspor akan dilakukan di Kantor Imigrasi Palu.

Menjawab pertanyaan soal penghentian sementara keberangkatan jemaah haji ke Arab Saudi, Danil mengatakan pelayanan penerbitan paspor haji maupun umroh tetap berjalan seperti biasanya.

"Kami tetap melayani para calon jemaah haji dan jemaah yang akan melaksanakan umroh setiap harinya," ujar Danil.

Penerbitan paspor haji dilakukan Kantor Imigrasi Palu sesuai dengan permintaan dari Kementerian Agama (Kemenag) yang ada di daerah ini.

Danil tidak merinci kuota paspor haji yang akan diterbitkan oleh Imigrasi Palu, kecuali mengatakan bahwa selama ini sudah sekitar 200 paspor haji yang diterbitkan selama program layanan paspor simpati.
Baca juga: Imigrasi Palembang siapkan tim khusus layani paspor haji
Baca juga: Penangguhan umrah tak pengaruhi layanan paspor di Imigrasi Madiun
Pewarta : Anas Masa
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2020