Temuan korban ini menandakan pemerintah sudah punya langkah yang tepat. Pelacakan kontak itu salah satu langkah dan pemerintah telah mendapatkan informasi ilmiah dari WHO dan China untuk mengkaji mekanisme kerja virus dan cara menghalaunya
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI Willy Aditya meyakini bahwa pemerintah mampu mengatasi meluasnya penyebaran virus corona atau Covid-19, setelah ditemukannya dua warga yang terjangkit virus tersebut setelah melakukan kontak dengan warga Jepang.

"Temuan korban ini menandakan pemerintah sudah punya langkah yang tepat. Pelacakan kontak itu salah satu langkah dan pemerintah telah mendapatkan informasi ilmiah dari WHO dan China untuk mengkaji mekanisme kerja virus dan cara menghalaunya," kata Willy dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan pemerintah telah menjalankan prosedur dalam rangka antisipasi meluasnya korban Covid-19.

Baca juga: Menkes: Pasien positif COVID-19 kondisinya baik

Menurut dia temuan berdasarkan penelusuran kontak adalah salah satu upaya yang juga disarankan oleh lembaga kesehatan dunia dalam menangkal meluasnya korban virus corona.

"Penelitiannya juga terus berlangsung. WNI yang dipulangkan dari Wuhan dan kapal pesiar Diamond Princess juga kita lihat dipantau. Jadi memang sudah ada langkah," ujarnya.

Willy menegaskan bahwa pentingnya masyarakat untuk mempercayai langkah yang diambil pemerintah agar tidak terjadi kepanikan yang justru akan berdampak lebih merugikan daripada penyakit yang dimunculkan.

Anggota Komisi I DPR RI itu menilai Pemerintah sudah menyiapkan lebih dari 100 rumah sakit yang siap menjadi tempat merawat dan memantau korban virus corona.

Baca juga: Tiga peralatan medis untuk antisipasi Covid-19 penjualannya meningkat

"Presiden Jokowi juga sudah memberi isyarat tentang kondisi kebencanaan jika diperlukan penanganan yang lebih jauh. Jadi akan lebih baik jika kita sama-sama percayakan langkah yang diambil pemerintah," tuturnya.

Willy menilai sinergi antara pemerintah dan masyarakat diyakini dapat mengatasi peluasan penjangkitan Covid-19.

Menurut dia, antisipasi dampak lanjutan dari penyakit akibat corona salah satunya bisa dimulai dari menghindarkan masyarakat dari informasi yang membuat kepanikan.

"Kalau kepanikan yang terjadi di masyarakat maka dampaknya bisa jauh lebih merugikan ketimbang penyakit itu sendiri dan ini bisa terjadi jauh lebih panjang," ujarnya.

Baca juga: DPR minta pemerintah serius atasi Covid-19

Dia menilai Pemerintah sudah berusaha dengan perencanaan yang matang menghalau Covid-19 sehingga masyarakat harus menyakini hal tersebut dan tidak perlu menambah kepanikan dengan menyebarkan informasi yang tidak benar.

Willy juga mengingatkan agar masyarakat dapat bahu-membahu membantu pemerintah untuk menghalau peluasan korban corona, misalnya, kebiasaan hidup sehat harus ditingkatkan agar virus tidak terus menjangkiti banyak orang.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020