Pramuka dilibatkan awasi Pilkada di Dharmasraya

Pramuka dilibatkan awasi Pilkada di Dharmasraya

Ketua Kwartir Cabang 018 Dharmasraya, Adlisman (kiri), memandu Ketua Majelis Pembina Saka Adiyatsa Pemilu, Syamsurizal (dua kanan), saat mengucapkan janji Tri Satya Dasa Dharma Pramuka, di Dharmasraya, Minggu (1/3). ANTARA/Ilka Jensen

Pulau Punjung (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, menyebutkan Satuan Karya Adhiyasta Pemilu dibentuk dalam rangka memperkuat pengawasan Pilkada serentak 2020 di itu daerah itu.

"Pelibatan gerakan pramuka sekaligus diharapkan dapat mendorong pemilu berintegritas di Dharmasraya," kata Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Dharmasraya, Syamsurizal, di Pulau Punjung, Minggu.

Baca juga: Keamanan pangan sekolah dikampanyekan Pramuka-Dinas Pangan Gorontalo

Menurut dia keikutsertaan gerakan pramuka dalam mengawal penyelenggaraan Pilkada akan menguatkan jajaran Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Dharmasraya dari sisi pengawasan.

"Kenapa kita pilih pramuka, karena diketahui mereka belum terkontaminasi dengan kepentingan politik praktis, sehingga harapan kami saka adhyasta pemilu yang dibentuk hari ini dapat mengawal demokrasi yang berkualitas dan bermartabat," ucapnya.

Ia berharap Satuan Karya Adhyasta pemilu dapat menyampaikan kepada masyarakat tentang pentingnya menyalurkan hak pilih serta menyampaikan hal-hal yang dilarang dalam pelaksanaan pilkada.

Baca juga: Pramuka bersihkan puing pascabanjir Lebak

Ia menambahkan sebelumnya Badan Pengawas Pemilu dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Dharmasraya telah bersepakat membentuk Satuan Karya Adhiyasta Pemilu dalam rangka memperkuat pengawasan pemilu.

Sementara, anggota Badan Pengawas Pemilu Sumatera Barat, Vivner, menyebutkan pembentukan Saka Adhyasta pemilu merupakan program Bawaslu RI yang sudah dimulai sejak Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019 lalu.

Di awal pembentukan, kata dia Satuan Karya Adiyaksa Pemilu telah terbentuk di Jawa Barat dan Lampung.

"Sumatera Barat merupakan provinsi ke tiga yang membentuk saka adhyasta pemilu, diawali Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Agam saat Pemilu lalu. Pada Pilkada serentak 2020 baru terbentuk di Dharmasraya dan hal ini kami sangat apresiasi," ujarnya.

Ketua Kwartir Cabang 018 Kabupaten Dharmasraya, Adlisman, meminta gerakan pramuka mendukung pelaksanaan proses pilkada serentak 2020 dengan membantu pengawasan.

Baca juga: Samakan persepsi pengawasan, Bawaslu gelar rapat kerja teknis

Pewarta : Mario Sofia Nasution
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020