Alhamdulillah jembatan yang kita nanti-nantikan terutama oleh masyarakat di sini yang sering mengalami kemacetan kini sudah selesai dibangun dan sudah bisa dimanfaatkan
Martapura (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor bersama Bupati Banjar Kholilurrrahman meresmikan tiga jembatan yang menjadi penghubung antara Kota Banjarmasin dan Martapura, Kabupaten Banjar.

Tiga jembatan yang diresmikan gubernur Kamis tersebut, jembatan Sei Lulut, Sei Gardu 1 dan Sei Gardu 2, yang mulai dibangun sejak Mei 2019 dengan menggunakan anggaran APBD provinsi Kalimantan Selatan 2019 sebesar Rp21,3 miliar lebih.

Jembatan dengan kontruksi beton dengan lebar 12 meter tersebut, dirancang dengan ketinggian 12 meter dari permukaan tanah, sehingga bisa dilalui oleh kapal milik warga.

"Jembatan ini awalnya berkontruksi kayu dengan lebar 4 meter, kini dibangun dengan kontruksi beton yang memiliki lebar 12 meter," katanya.

Menurut gubernur, dengan selesainya pembangunan jembatan yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalimantan Selatan diharapkan dapat meminimalisasi kamacetan di daerah tersebut.

"Alhamdulillah jembatan yang kita nanti-nantikan terutama oleh masyarakat di sini yang sering mengalami kemacetan kini sudah selesai dibangun dan sudah bisa dimanfaatkan," katanya.

Warga Sesa Sei Lulut Kabupaten Banjar mengungkapkan kegembiraan dengan selesainya jembatan yang baru diresmikan, karena dapat memperlancar aktivitas warga baik untuk transportasi, pendidikan maupun ekonomi.

Selain jembatan, pemerintah provinsi juga menganggarkan untuk perbaikan dan pelebaran jalan di wilyah tersebut dengan persyaratan, pemerintah Kabupaten Banjar dan kota Banjarmasin, terlebih dahulu melakukan pembebasan lahan, yang saat ini masih menjadi hak milik warga.

Baca juga: Presiden anugerahi Gubernur Kalsel Satyalencana Kebaktian Sosial

Baca juga: Kalsel gelar 32 event pariwisata sedot kunjungan turis


 

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020