Jakarta (ANTARA) - Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana mengunjungi wanita bernama Rohayani (30) yang melahirkan saat mendampingi anaknya dalam kunjungan sekolah ke Planetarium Taman Ismail Marzuki (TIM).

"Dinas Kebudayaan mewakili Pak Gubernur untuk menengok ibunda bayi yang baru lahir pada saat melakukan kunjungan ke Planetarium, tentu saja ini informasi yang menggembirakan oleh Pak Gubernur sehingga harus dikunjungi apalagi proses persalinan anaknya sehat dan mendapatkan perawatan oleh pihak Puskesmas Menteng," kata Iwan usai berkunjung menengok Rohayani yang dirawat di Puskesmas Menteng, Jakarta Pusat, Kamis.

Iwan diberi tugas untuk menengok Ibu Rohayani dan bayi perempuannya itu usai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sedang menghadiri Rapat Dengar Pendapat Umum bersama DPR RI membahas revitalisasi TIM mendapatkan informasi seorang pengunjung melahirkan di Planetarium TIM.

"Padahal kita tengah mendengarkan pendapat  DPR RI. Jadi Pak Gub setelah mendapat info ini menugaskan saya untuk ke sini. Saya juga tidak menyangka," kata Iwan.

Baca juga: Seorang wanita melahirkan di Planetarium TIM saat berkunjung

Iwan mengatakan kunjungan akan dilakukan kembali oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta usai perawatan medis selesai dilakukan kepada ibu dan anak itu.

"Nanti ke depannya ketika ibunda dan ananda sehat kami akan tentu saja datang berkunjung ke lokasi rumahnya, di daerah Rawa Buaya. Yang penting sehat dulu baru nanti bisa pulang," kata Iwan.

Sebelumnya, Rohayani berkunjung ke Taman Ismail Marzuki untuk menemani anaknya Anggi melakukan kegiatan belajar lapangan bersama rombongan Taman Kanak-Kanak Al Husna Rawa Buaya di Planetarium TIM.

Tidak lama setelah sampai di TIM, Rohayani mengeluh perutnya merasa mulas dan segera berjongkok usai merasakan kontraksi.

Pada 10.20 WIB, Rohayani melahirkan bayi perempuan lahir dengan bantuan petugas Planetarium dan rekan- rekan rombongan TKK Al Husna di depan lobi Planetarium TIM.

Hingga saat ini, Rohayani dan bayinya mendapatkan penangan medis lebih lanjut di Puskesmas Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.
Baca juga: Kanitlantas Polsek Taman Sari bantu ibu hamil akan melahirkan di tol

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020