Jakarta (ANTARA) - Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) di bawah kepengurusan Juniver Girsang akan menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) III Peradi Suara Advokat Indonesia (SAI) pada 28 Februari-1 Maret 2020, bertempat di Mercure Convention Center Ancol, Jakarta, untuk memilih calon ketua umum DPN Peradi periode 2020-2025.

"Hingga saat ini, tercatat empat kandidat yang diusulkan menjadi calon ketua umum DPN Peradi. Mereka adalah Juniver Girsang, Harry Ponto, Hasanudin Nasution dan Patra M Zein," kata Ketua Pelaksana Munas, Patricia Lestari, di Jakarta, Senin.

Baca juga: Sekjen Peradi: Advokat jangan sampai terkena operasi tangkap tangan

Baca juga: Peradi versi Munas Makassar segera mengesahkan DPC Purwokerto

Baca juga: Menko Polhukam buka Munas Peradi di Makassar


Menurut dia, setiap calon ketua umum akan diusung oleh minimal 3 Dewan Pimpinan Cabang (DPC).

Sementara syarat menjadi calon Ketua Umum Peradi, adalah sudah menjadi advokat selama 10 tahun, menjadi pengurus, dan minimal didukung 3 DPC.

"Para peserta akan memilih Ketua Umum secara digital. Jumlah peserta yang sudah mendaftar saat ini mencapai 700 orang. Berdasarkan target, peserta akan mencapai 1000 orang," tuturnya.

Perlu diketahui, bahwa Munas ini akan dilaksanakan dengan sistem digital. Jadi para peserta akan diberikan kartu, yang nantinya akan digunakan untuk akses masuk dan untuk voting.

Dia menjelaskan, nantinya untuk bisa memasuki area Munas, peserta harus memiliki akses berupa card. Adapun akses tersebut bakal digunakan untuk voting Ketua Peradi karena didesain khusus dengan barcode.

"Sistematika penggunaan kartu peserta dan tatacara dalam Munas ketiga ini akan kita jelaskan sekaligus kita peragakan cara penggunaannya pada hari H nanti," jelasnya.

Dengan card barcode peserta akan menggunakan hak suaranya secara e-voting serentak, dengan menggunakan handphone masing-masing, atau tablet yang disediakan oleh panitia.

"Rekapitulasi jumlah suara akan langsung ditampilkan atau real time pada layar besar (LED screen) yang disiapkan," kata Patricia.

Munas Peradi Tahun 2020 ini mengangkat tema "Advokat Pada Era Industri 4.0".

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2020