Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni, mendorong Polri dan Badan Narkotika Nasional (BNN) memanfaatkan momentum Pekan Olahraga Nasional (PON) pada Oktober 2020 sebagai ajang sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada masyarakat.

"Saya rasa ini bisa menjadi salah satu langkah strategis bagi Polri dan BNN dalam upayanya menanggulangi persoalan narkotika di negeri ini,” kata Sahroni, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin.

Anggota DPR dari Fraksi Partai NasDem ini menyebutkan, bahwa semarak PON 2020 Papua yang akan digelar dalam hitungan beberapa bulan ke depan dapat dioptimalkan sebagai wadah pemberdayaan orang asli Papua yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya kota-kota besar yang selama ini menjadi kantung-kantung anak muda Papua, menjadi influencer dalam rangka menyosialisasikan PON sekaligus menjadi duta-duta narkoba asal Papua.

Baca juga: Polda Metro Jaya gandeng Kemenpora RI serukan antinarkoba dan PON 2020

"Ibarat kata pepatah, sekali kayuh, dua tiga pulau terlampaui. Winning hearts and mind," ujar Sahroni.

Ke depan, langkah ini bahkan bisa menjadi pilot project, dimana Polri-BNN dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersinergi mengoptimalkan P4GN pada setiap penyelengaraan PON berikutnya, maupun multievent olahraga lainnya.

"Penyelengaraan PON itu kan bergilir dari satu provinsi ke provinsi lain. Bayangkan nantinya begitu banyak influencer yang bisa diberdayakan menjadi duta narkoba bagi daerahnya masing-masing. Ini sebuah langkah besar dalam upaya kita mengurai persoalan narkoba di Indonesia,” tuturnya.

Hal ini sejalan dengan langkah Polda Metro Jaya yang menggandeng Kemenpora untuk bersama menyerukan aksi anti narkoba di ibu kota.

"Ke depan Polda Metro Jaya mencanangkan wilayah hukum Polda Metro Jaya 'zero narkoba'. Hari ini salah satu langkah kita bersama dengan Kemenpora dan BNN memanfaatkan car free day (CFD) untuk mengampanyekan anti narkoba kepada masyarakat," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sujana dalam acara bertajuk "Kitong Semua Bebas Narkoba, Sukseskan PON Papua 2020" di depan Pos Polisi Bundaran HI, Minggu (23/2).

Nana mengatakan pencegahan secara langsung akan bahaya narkoba saat ini lebih dimaksimalkan oleh jajarannya untuk mendorong Jakarta bebas dari narkoba.

"Dalam hal ini kami akan memaksimalkan (Jakarta Zero Narkoba), upaya-upaya baik pencegahan dan penindakan terus kita gelorakan mulai dari Polda hingga tingkat Polsek," ujar Nana.


Baca juga: Keluarga besar Suku Manuri siap sukseskan PON di Papua
Baca juga: TVRI pemegang hak siar tayangan PON XX Papua
Baca juga: PON dan Olimpiade jadi fokus utama PB PRSI di 2020

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020