Lembaga Adat Melayu Provinsi Kepulauan Riau dengan tulus ikhlas menganugerahkan gelar Datuk Seri Setiawangsa kepada Surya Palo
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh dianugerahi gelar Datuk Seri Setiawangsa oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Kepulauan Riau.

Prosesi pemberian gelar itu dilakukan di Ruang VVIP Bandara Hang Nadim, Kota Batam, Kepulauan Riau, Sabtu, bersamaan dengan menyambut kedatangan Surya Paloh.

"Lembaga Adat Melayu Provinsi Kepulauan Riau dengan tulus ikhlas menganugerahkan gelar Datuk Seri Setiawangsa kepada Surya Paloh," kata Sekretaris LAM Kota Batam Yang Mulia Raja Muhammad Amin.

Baca juga: Surya Paloh janji perjuangkan perpanjangan Otsus Aceh

Menurut dia, gelar Datuk Seri Setiawangsa diberikan kepada pemimpin yang setia dan mendedikasikan segenap hidupnya demi bangsa dan negara, dan Surya Paloh layak mendapatkan gelar tersebut.

Masih dalam rangkaian prosesi, Surya Paloh dipasangkan topi adat dan diberikan keris Melayu yang secara simbolik dilakukan oleh Ketua LAM Kota Batam Nyat Kadir.

Setelah itu, dilakukan prosesi tepuk tepung tawar dengan melemparkan tepung putih ke sekitar Surya Paloh, sekaligus penanda sudah resmi menyandang gelar Datuk Seri Setiawangsa.

Tepuk tepung tawar merupakan prosesi sakral untuk pelantikan pejabat, tokoh adat atau daerah.

Surya Paloh datang bersama jajaran pengurus DPP Partai NasDem di Batam untuk melantik pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Kepulauan Riau periode 2020-2025.

Pelantikan pengurus DPW Partai NasDem Kepulauan Riau dijadwalkan berlangsung Minggu, 23 Februari 2020, di Hotel Best Western Premier Panbil Batam.

Selain pelantikan, NasDem juga menggelar berbagai kegiatan lainnya, seperti senam sehat dan "Ngopi Bareng Tokoh Nasional Surya Paloh" di Pantai Ocarina, Batam.

Baca juga: Surya Paloh ajak tokoh Aceh saling bersinergi

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020