Wabup Madiun minta wartawan berikan informasi yang sehat

Wabup Madiun minta wartawan berikan informasi yang sehat

Acara Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 di Kabupaten Madiun yang digelar di Ruang Gambar Pendopo Muda Graha Kabupaten Madiun, Selasa (18/2). (ANTARA/Humas Kabupaten Madiun/Lr)

Madiun (ANTARA) - Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto meminta wartawan untuk selalu memberikan informasi yang sehat kepada publik sehingga melalui karya jurnalistiknya mampu berperan dalam mencerdaskan masyarakat.

"Insan pers selama ini telah menjadi mitra strategis Pemerintah Kabupaten Madiun karena telah memberikan informasi yang sehat kepada masyarakat sekaligus sebagai kontrol kinerja pemerintah. Pers juga sebagai ujung tombak penangkal hoaks atau berita bohong," ujar Wakil Bupati Hari Wuryanto dalam acara Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 di Kabupaten Madiun yang digelar di Ruang Gambar Pendopo Muda Graha Kabupaten Madiun, Selasa.

Baca juga: Ketika setiap orang bisa jadi wartawan

Baca juga: ANTARA sebagai "corong" negara/publik pada era disrupsi


Baca juga: Dewan Pers ingatkan media massa tidak merujuk medsos

Menurut dia, dengan berita yang positif, sehat, dan solutif akan berimbas pada kondisi wilayah Kabupaten Madiun yang kondusif. Kondisi yang kondusif juga membuat pembangunan dapat berjalan lancar.

"Dengan demikian, insan pers selaku mitra pemerintah juga ikut terlibat dalam proses pembangunan di Kabupaten Madiun. Selaku mitra, kami butuh masukan dan saran dari teman-teman wartawan dalam rangka mewujudkan visi misi Pemkab Madiun untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata dia.

Ia menjelaskan, banyak kebijakan yang diambil oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah, dengan memperhatikan pertimbangan dari hasil tulisan atau berita para wartawan. Sehingga, secara tidak langsung, wartawan berkontribusi memberikan perubahan yang baik kepada masyarakat.

Dengan keberadaan wartawan dan media massa, program dan informasi pemerintah, terlebih program Pemerintah Kabupaten Madiun juga dapat tersosialisasikan ke masyarakat dengan baik.

Ia juga menilai, berkat peran media massa, kepala daerah juga dapat mengetahui hal-hal penting yang menjadi keluhan dan kebutuhan masyarakatnya sehingga kondisi darurat dapat segera diselesaikan dengan solusinya.

Acara Peringatan HPN 2020 di Kabupaten Madiun ditandai dengan pemotongan tumpeng syukuran oleh Wakil Bupati Madiun Hari Wuryato yang diserahkan ke perwakilan wartawan.

Hadir juga dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Madiun Tontro Pahlawanto, pimpinan OPD berserta jajaran, dan juga para insan pers yang bertugas melakukan peliputan di wilayah Kabupaten Madiun.
Pewarta : Louis Rika Stevani
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2020