Pasien diduga terindikasi virus COVID-19 terus diawasi Dinkes Bangka

Pasien diduga terindikasi virus COVID-19 terus diawasi Dinkes Bangka

Kepala Bidang Pencegahan, Pengendalikan Pengedalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Kabupaten Bangka, Nora Sukma Dewi didampingi Sekretaris Dinkes Bangka, Harmendo. (FOTO ANTARA/Kasmono)

Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus melakukan pengawasan ke salah satu pasien warga Kota Sungailiat yang diduga terindikasi virus COVID-19 di salah satu rumah sakit swasta di daerah itu.

Kepala Bidang Pencegahan, Pengendalikan Pengedalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinkes Kabupaten Bangka, Nora Sukma Dewi di Sungailiat, Senin mengatakan, pengawasan terhadap pasien yang diduga terindikasi virus COVID-19 itu karena memiliki riwayat berkunjung ke negara yang terjangkit virus itu yakni Singapura.

Diawasinya pasien yang berusia 70 tahun tersebut karena memiliki riwayat dari negara yang terjangkit virus COVID-19 dan yang bersangkutan mengalami demam, sesak nafas, batuk dan sakit tenggorokan, saat masuk ke rumah sakit swasta sebelum dirujuk ke RSU provinsi.

"Pasien yang berusia 70 tahun tersebut masuk kategori dalam pengawasan tim kesehatan, dan sekarang dirujuk di RSU Provinsi Bangka Belitung untuk dilakukan pemeriksanaan intensif," katanya.

Dikatakannya bahwa pasien tersebut memiliki riwayat berkunjung ke Singapura dan melalui Bandara Sukarno Hatta sebelum pulang kembali ke Bangka Belitung pada Senin (10/2).

"Pasien tersebut memiliki kartu kuning sebagai bukti kunjungan ke negara yang terjangkit virus COVID-19," katanya.

Dia mengatakan, setiba dari Singapura yang bersangkutan mengalami demam, sesak nafas, batuk dan sakit tenggorokan.

"Saya berharap masyarakat jangan terlalu panik, karena yang bersangkutan masih dalam dugaan dan belum diketahui hasilnya, serta pemerintah tetap bekerja maksimal untuk kasus pencegahan virus COVID-19," demikian Nora Sukma Dewi.

Baca juga: Cegah corona, Dinkes Bangka tingkatkan pengawasan

Baca juga: Pemkab Bangka bentuk posko pencegahan virus corona

Baca juga: Kadinas: Kecil kemungkinan virus corona masuk Bangka
Pewarta : Kasmono
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020