Pembiayaan mikro perdesaan di Aceh diresmikan BAZNAS

Pembiayaan mikro perdesaan di Aceh diresmikan BAZNAS

Anggota Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Nana Mintarti dalam sambutan peresmian BAZNAS Microfinane Desa Lampaseh Kota, Banda Aceh, Provinsi Aceh pada Kamis (13/2/2020). (FOTO ANTARA/HO-BAZNAS)

Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meresmikan Layanan BAZNAS Microfinance Desa (BMD) di Lampaseh Kota, Kutajaya, Banda Aceh, Provinsi Aceh untuk memberikan manfaat bagi para pengusaha kecil.

"Melalui BMD kami berupaya untuk menjadikan para mustahik sebagai pengusaha yang andal, mandiri dan berdaya saing. Dengan demikian, maka para pengusaha mikro ini akan terlepas dari jerat kemiskinan," kata anggota BAZNAS Nana Mintarti dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Pendirian BAZNAS MBD Lampaseh Kota ditandai dengan penyerahan pembiayaan yang dilakukan secara simbolis pada Kamis (13/2).

Ia mengatakan BAZNAS MBD merupakan sebuah lembaga keuangan nirlaba yang akan memberikan layanan keuangan mikro, terutama pinjaman dan pembiayaan kepada para pelaku usaha kecil.

Menurut dia, program pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi menjadi salah satu wujud komitmen BAZNAS dalam mengemban amanah mengelola zakat untuk menyejahterakan para mustahik (penerima zakat).

Kepala BAZNAS Microfinance Noor Aziz mengatakan kehadiran BAZNAS MBD di Banda Aceh bisa menjadi jembatan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui program kemitraan.

"Berkaca pada kerja sama BAZNAS dengan Baitul Qiradh Baiturrahman Aceh terkait program kemitraan modal usaha di tahun 2018, kehadiran BMD di Banda Aceh akan semakin memantapkan akses untuk memperluas jaringan dalam permodalan dan perkembangan usaha bagi penerima manfaat," katanya.

Dia mengatakan BAZNAS MBD di Lampaseh Kota, Banda Aceh, siap memberikan pendampingan penuh kepada masyarakat tergolong mustahik yang memiliki komitmen untuk berwirausaha dalam bentuk bantuan permodalan.

"Pendampingan usaha mikro mustahik lewat BAZNAS Microfinance Desa ini dinilai lebih efektif karena penerima manfaat mendapatkan langsung bantuan modal, pendampingan, hingga cara pemasaran," katanya.

BMD merupakan percontohan pembiayaan nirlaba yang dibentuk BAZNAS Microfinance. BAZNAS MBD telah didirikan di enam titik di Indonesia yaitu di Bojong Rangkas (Bogor), Bukittinggi (Sumatera Barat), Jabon (Bogor), Gunungsari (NTB), Sigi (Sulawesi Tengah) dan Sukaindah (Bekasi), demikian Nana Mintarti.

Baca juga: Kemenkop gandeng Baznas berdayakan usaha mikro melalui zakat

Baca juga: Baznas luncurkan pembiayaan mikro di area bencana Sulteng

Baca juga: Baznas Samarinda bantu modal usaha kepada mualaf

Baca juga: Baznas bantu kelompok usaha disabilitas di Jakarta
Pewarta : Anom Prihantoro
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 1970