Nashville, Tennessee (ANTARA) - Magic Wheelchair, sebuah organisasi nirlaba di Oregon, Amerika Serikat, punya misi khusus untuk membahagiakan anak-anak penyandang disabilitas, khususnya mereka yang sehari-hari menggunakan kursi roda untuk membantu mobilitas.

Magic Wheelchair secara cuma-cuma membuatkan kursi roda aneka bentuk untuk anak-anak penyandang disabilitas.

"Berkaitan dengan disabilitas, semuanya terlihat serius. Dengan Magic Wheelchair, biarkan anak-anak jadi anak-anak," kata Direktur Eksekutif Magic Wheelchair, Christine Getman, ditemui di acara 3DEXPERIENCE World 2020 di Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Rabu (12/2).

Bukan hanya kursi roda reguler, unit buatan Magic Wheelchair bisa berupa kendaraan tempur seperti yang ada di pesta kostum.

Saat berpartisipasi di pameran 3DEXPERIENCE World 2020, Magic Wheelchair membawa salah satu kursi roda buatan mereka yang terinspirasi dari film "Beauty and The Beast", satu set nampan untuk minum teh.

Magic Wheelchair menggunakan pendekatan personal kepada anak-anak agar mereka bisa memiliki kursi roda impian mereka, rancangan setiap unit dibuat secara kustom sesuai dengan keinginan anak, namun, tetap dengan fungsi utama untuk membantu mobilitas.

Baca juga: Dassault Systemes gandeng Xometry untuk layanan manufaktur

Baca juga: Teknologi 3D bantu percepat desain ibu kota baru

 
Kursi roda buatan organisasi nirlaba Magic Wheelchair yang dipamerkan di 3DEXPERIENCE World di Nashville, Tennessee, Amerika Serikat. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)


"Ada yang ingin seperti putri raja, pesawat luar angkasa, sampai ada yang meminta berbentuk mobil. Apa pun yang mereka minta," kata Getman.

Tim Magic Wheelchair dan anak-anak merancang kursi roda dengan perangkat lunak SOLIDWORKS dan platform 3DEXPERIENCE dari Dassault Systemes.

Dassault Systemes juga memberikan dukungan berupa lisensi untuk perangkat lunak yang mereka miliki serta tim untuk merancang kursi roda.

Satu unit kursi roda rata-rata bisa diselesaikan dalam delapan minggu, bergantung pada tingkat kesulitannya.

Organisasi yang berdiri sejak 2015 tersebut hingga saat ini sudah membuat sekitar 256 kursi roda berbagai macam untuk anak-anak. Ketika ditanya proyek kursi roda yang paling dia sukai, Getman mengaku tidak sampai hati memilihnya karena setiap unit memiliki cerita.

Tapi, dia menyebutkan salah satu yang paling berkesan adalah ketika seorang anak perempuan berusia 11 tahun berkolaborasi dengan tim Magic Wheelchair untuk merancang dan membuat kursi roda impiannya.

"Itu kesukaan saya karena kursi roda itu benar-benar hasil imajinasinya," kata Getman.

Baca juga: Dassault Systemes bantu startup kembangkan diri

Baca juga: Desain 3D janjikan banyak perubahan

Baca juga: Sambut revolusi otomotif, ABB tawarkan solusi pabrik robotik

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020