Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara, menggandeng Antara Digital Media, anak usaha Perum LKBN ANTARA menyebarkan informasi pariwisata dan mengangkat potensi daerah ke kancah nasional maupun mancanegara.

Wali Kota Tomohon, Jimmy F Eman mengatakan saat ini ANTARA menjadi salah satu sumber pencerahan di era digital yang mampu menangkal berita hoaks.

"Bagi kami, kanto berita ANTARA memiliki peranan penting, bukan hanya penyebaran informasi di Indonesia, tetapi juga dunia termasuk bagi kami Kota Tomohon," katanya di sela penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerja sama media layanan informasi publik di Jakarta, Rabu (5/2).

Jimmy berharap melalui kerja sama yang terjalin bersama Antara Digital Media, Kota Tomohon bisa dikenal dunia, baik dari sektor wisata, budaya dan potensi bisnis.

"Melalui MoU ini, mitra ANTARA di luar negeri bisa mengenal destinasi-destinasi wisata di Tomohon antara lain event Tomohon International Flower Festival (TIFF) yang merupakan Festival Bunga Terbesar di Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut, banyak wisatawan yang berkunjung ke Kota Tomohon karena destinasi wisata dan budaya yang sangat menarik.

Pemkot Tomohon juga terus melengkapi infrastruktur destinasi pariwisata yang ada, sesuai dengan visi menjadikan Tomohon sebagai kota destinasi internasional.

"Hampir 95 persen wisatawan mancanegara mengunjungi Tomohon berasal dari Tiongkok, selain tentunya dari berbagai negara lainnya," ujar Jimmy.

Jimmy juga berjanji dapat menyediakan titik strategis untuk penempatan media luar ruang (videotron) yang dapat dimanfaatkan untuk penyebaran informasi di wilayah Kota Tomohon.

"Layanan videotron akan ditempatkan di area yang ramai dikunjungi masyarakat. Sedangkan untuk media dalam ruang, akan kami sediakan lokasi di beberapa area rumah sakit umum daerah," paparnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Perusahaan Perum LKBN ANTARA, Iswahyuni, menyatakan melalui kerja sama dengan Pemerintah Kota Tomohon, diharapkan aspek distribusi pemberitaan semakin baik.

"Peran i-Media dan videotron yang dimiliki ANTARA akan memberikan layanan kepada publik dalam menyampaikan informasi yang baik," katanya.

Sementara itu CEO Antara Digital Media, Darmadi, mengungkapkan di era yang serba digital ini, ANTARA memiliki kewajiban dalam menyampaikan informasi kepada publik dan sekaligus meredam penyebaran berita hoaks.

"Tujuannya agar masyarakat dapat memiliki persepsi yang sama dengan pemerintah pusat dan daerah," tegasnya.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan daerah Gerardus Mogi optimistis kerja sama dengan ANTARA akan memberikan dampak positif bagi penyebarluasan infomasi pariwisata Kota Tomohon.

"Kota Tomohon memiliki destinasi-destinasi wisata yang tidak kalah dibandingkan dengan daerah lainnya. Bahkan, TIFF telah masuk kalender tetap Kementerian Pariwisata," sebutnya.

Selanjutnya, Kepala Dinas Infokom Novi Politon menambahkan, kerja sama ini akan menyebarluaskan capaian-capaian pembangunan di Kota Tomohon.

"Dampaknya (kerja sama ini) pasti positif," sebutnya.***3***

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020