Anggota DPR RI pantau ujian CAT seleksi CPNS Kemenkumham Aceh

Anggota DPR RI pantau ujian CAT seleksi CPNS Kemenkumham Aceh

Anggota Komisi III DPR RI Nazaruddin Dekgam (kiri) mendapatkan penjelasan dari panitia ujian CAT seleksi CPNS Kementerian Hukum dan HAM Aceh di Kampus Universitas Abdulyatama, Aceh Besar, Selasa (4/2/2020). Antara Aceh/M Haris SA

Banda Aceh (ANTARA) - Anggota Komisi III DPR RI Nazaruddin Dekgam memantau pelaksanaan ujian computer assisted test atau CAT seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Aceh.

Pemantauan dan pelaksanaan ujian CAT tersebut dipusatkan di Kampus Universitas.Abulyatama, Lampoh Keude, Aceh Besar, Selasa.

Pemantauan Anggota DPR RI dai Komisi III tersebut turut didampingi pejabat Kementerian Hukum dan HAM Aceh di antaranya Kepala Divisi Administrasi Rudi Hartono dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum Sasmita.

Anggota Komisi III DPR RI Nazaruddin Dekgam mengatakan pemantauan tersebut untuk melihat langsung sejauh mana proses ujian CAT seleksi CPNS Kementerian Hukum dan HAM.

"Dari pantauan kami, proses ujian CAT berjalan lancar tanpa kendala. Hasil pemantauan ini akan kami sampaikan kepada Menteri Hukum dan HAM dalam rapat kerja akhir Februari mendatang," kata Nazaruddin Dekgam.

Kepada para peserta seleksi, Nazaruddin Dekgam mengingatkan agar tidak tergiur pihak tidak bertanggung jawab yang mengaku mampu meluluskan dengan imbalan uang.

"Kami ingatkan bahwa tidak ada seorang pun yang mampu meluluskan peserta kecuali peserta sendiri. Seleksi CPNS di Kemenkumham ini bebas biaya, tidak ada kutipan satu rupiah pun," kata Nazaruddin.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum Kemenkumham Aceh Sasmita mengatakan ujian CAT diikuti 21.378 peserta dari 26 ribu yang mendaftar mengikuti seleksi CPNS.

"Dengan jumlah sebanyak itu, ujian CAT dilaksanakan selama enam hari, di mana per harinya diikuti 3.575 peserta. Ujian CAT per harinya dibagi lima sesi, per sesinya diikuti 715 peserta," kata Sasmita.

Pelaksanaan ujian CAT berlangsung sejak 1 Februari dan berakhir 6 Februari mendatang. Pelaksanaan selama empat hari ujian CAT berlangsung lancar dan belum menemui kendala.

"Begitu juga pada Senin (3/2), saat listrik PLN padam, ujian tetap berlangsung karena di kampus Universitas Abulyatama memiliki sumber listrik tersendiri," kata Sasmita.

Baca juga: 249 peserta ikuti ujian penerimaan PPPK di Sumbar

Baca juga: 136 peserta CPNS Pemprov Sulsel tidak hadir ujian

Baca juga: Belasan CPNS Kabupaten Tegal terlambat ujian gara-gara kereta mogok
Pewarta : M.Haris Setiady Agus
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020