lokasi penemuan masih di sekitar perairan Gili Meno
Mataram (ANTARA) - Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) gabungan menemukan turis Finlandia bernama Marcos Emil Alexander (25), dalam keadaan tewas di perairan laut Gili Meno, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Minggu, pukul 10.00 WITA.

"Korban ditemukan setelah dilakukan proses penyelaman ke dalam laut. Selanjutnya, korban dievakuasi ke Pelabuhan Bangsal, sebelum dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda NTB," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram, Nanang Sigit, PH, di Pelabuhan Bangsal, Kabupaten Lombok Utara, Minggu.

Informasi yang diperoleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram, kejadian bermula saat korban bersama 13 orang temannya melakukan "snorkling" di perairan Gili Meno (turtle point) pada Sabtu (25/1/2020).

Baca juga: Penyelam teripang tewas di Wondama
Baca juga: Penyelam Asal China Tewas di Lokasi Wisata


Korban diketahui hilang oleh "boatman" sekitar pukul 17.15 WITA. Para anak buah kapal yang ditumpangi korban langsung melakukan pencarian di daerah sekitar, namun tidak membuahkan hasil.

Peristiwa kecelakaan orang terseret arus di perairan laut Gili Meno, Kabupaten Lombok Utara tersebut, kemudian dilaporkan ke Tim KP XXI 2003 Polres Lombok Barat, pada Sabtu (25/1/2020/), pukul 18.45 WITA.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram yang juga mendapatkan laporan, langsung mengerahkan personel Pos Siaga Bangsal, Kabupaten Lombok Utara untuk melakukan upaya pencarian bersama Tim Rescue KPP Mataram, dan anggota TNI Angkatan Laut.

Berbagai peralatan yang digunakan, seperti kapal RIB 02 Mataram, perahu karet bermesin, peralatan SAR air, dan peralatan komunikasi.

Baca juga: Kapal cepat ke Gili Trawangan meledak, satu turis asing tewas
Baca juga: Turis Inggris ditemukan tewas di Gili Trawangan Lombok


Proses pencarian pada hari pertama tidak membuahkan hasil, sehingga upaya pencarian dilanjutkan pada Minggu (26/1/2020), pukul 06.00 WITA.

Tim Rescue KPP Mataram, dan Pos Siaga Bangsal melakukan penyelaman dan pencarian sesuai renops Sarmap, dengan penambahan personel dari KPP Mataram, dan Alut RIB 02 Mataram.

"Setelah dilakukan penyelaman, korban berhasil ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Lokasi penemuan masih di sekitar perairan Gili Meno," kata Nanang.

Baca juga: Turis tewas saat snorkling akan dikembalikan ke Spanyol melalui Bali
Baca juga: Turis Spanyol tewas terkena baling-baling perahu motor
Baca juga: Seorang turis Jepang tewas di Pantai Lhoknga

Pewarta: Awaludin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020