Benar, pasien di RSPI tidak terkena virus corona,
Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianto Saroso Jakarta menyatakan satu pasien yang sebelumnya dirawat di rumah sakit itu tidak terjangkit atau suspect negatif virus corona (nCov) .

Untuk saat ini, di RSPI Sulianti Saroso tidak ada pasien virus corona karena pasien yang di RSPI bukan suspect nCov, kata Humas RSPI Wiwiek melalui keterangan tertulis via WhatsApp di Jakarta, Sabtu.

Hasil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) yang diperoleh hari ini menunjukkan bahwa pasien negatif corona virus atau tidak terjangkit sama sekali oleh virus yang berasal dari Kota Wuhan, Tiongkok.

Baca juga: Pakar: Angka kematian akibat virus corona rendah

Laporan tersebut dikonfirmasi kebenarannya juga oleh Sekretaris Direktorat Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto setelah memperoleh laporannya dari RSPI.

Benar, pasien di RSPI tidak terkena virus corona, ujarnya.

Pasien tersebut, tambahnya hanya menderita Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

Baca juga: RSPI siap tangani pasien terjangkit virus corona

Pasien sudah diperbolehkan untuk kembali ke rumahnya, tetapi memilih untuk bertahan di rumah sakit karena kondisinya masih lemah.

Belum pulang. Sudah dibolehkan pulang, tetapi belum bersedia karena masih lemah, katanya.

Achmad mengemukakan pasien tersebut meminta untuk dibawa ke RSPI pada Jumat karena menderita demam setelah kembali dari Tiongkok sekitar sepekan lalu.

Saya tidak tahu pasti kapan dia kembali ke Indonesia, tapi kurang lebih sekitar seminggu lalu, lanjut Achmad.

Baca juga: Dokter: Virus corona akibatkan infeksi gejala ringan hingga berat

Pewarta: Katriana
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2020