Bandung (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Pemerintah Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jawa Barat  menyiapkan sarana dan prasarana khusus untuk penanganan pasien pneumonia wuhan atau virus corona jenis baru yang sudah menyebar ke sejumlah negara selain lokasi asalnya di China.

"Meskipun hingga saat ini belum ditemukan pasien yang dinyatakan positif mengidap penyakit tersebut di Indonesia termasuk Jawa Barat, masyarakat diminta tetap waspada, terutama saat bepergian ke luar negeri," kata Direktur Utama  RSHS Bandung  dr.R.Nina Susana Dewi,Sp.PK(K).,M.Kes.,MMRS di Bandung, Jumat.

Nina mengatakan RSHS Bandung sebagai rumah sakit rujukan infeksi nasional, menyediakan 33 ruang isolasi infeksi, lima ruang isolasi infeksi khusus, 30 infeksi umum, kemudian di IGD khusus ruang infeksi lima kamar, untuk pasien yang diperkirakan atau dicurigai terinfeksi virus corona.

Ia mengatakan selain ruangan khusus, RSHS Bandung juga menyiapkan peralatan kesehatan sesuai standar isolasi termasuk bahan habis pakai, alat pelindung diri, perlengkapan sanitasi serta kebutuhan standar lainnya.
Baca juga: Menkes cek kesiapan fasilitas kesehatan jelang libur akhir tahun

"Kemudian kami juga menyiapkan alur persiapan, pasien yang terindikasi terkena corona, melalui koordinasi dengan ambulans, masuk langsung ke Ruang Kemuning atau ruang isolasi," kata dia.

Sementara itu, Ketua Tim Penanganan Infeksi Khusus RSHS Bandung, Yovita Hartantri menambahkan pihaknya telah bersiap apabila ada pasien datang ke rumah sakit dengan keluhan influenza, gangguan napas, demam batuk dan pilek atau nyeri tenggorokan dan mengalami penurunan kondisi tubuh yang sangat drastis maka akan segera ditangani khusus.

Terutama, katanya, jika dalam beberapa hari atau minggu lalu pasien tersebut sempat mengunjungi China dan negara lainnya yang dilaporkan terdapat pasien yang terdeteksi virus corona.

"Jika ke IGD maka akan ditangani dokter jaga lalu menghubungi tim untuk ditangani anggota tim khusus. Sehingga nanti dinilai apa layak masuk ruang isolasi. Apabila layak, kita ambil spesimen dari mulut, nasofaring, dan hidung pasien untuk diperiksa, dirawat di ruang isolasi," katanya.
Baca juga: Ahli: Daerah terdampak banjir harus waspadai leptospirosis

Apabila mendapat pasien dengan keluhan serupa yang dirujuk dari rumah sakit lainnya, lanjut dia, maka akan langsung masuk ke ruang isolasi dengan rute yang telah ditentukan sehingga tidak akan membahayakan pasien lainnya di rumah sakit.

"Untuk kasus-kasus terakhir hanya pnemonia berat lalu pasien mengalami batuk, flu, dan panas. Itu dari rumah sakit lain dan sempat diduga infeksi virus. Ternyata sulit terdeteksi virusnya," katanya.

Berdasarkan data dari Tim Penanganan Infeksi Khusus RSHS Bandung pasien yang terjangkit virus corona memiliki ciri seperti pasien flu biasa yakni dengan demam dengan suhu tubuh antara 37,5 sampai 38 derajat celsius, kemudian mengalami batuk, pilek, dan nyeri tenggorokan.

Selain itu pasien juga pernah memiliki riwayat berpergian atau perjalanan ke China dua minggu lalu.
Baca juga: Ridwan Kamil resmikan rumah singgah untuk pasien RSHS

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020