Jakarta (ANTARA) - Atlet lari gawang putri Indonesia Emilia Nova memiliki target realistis pada tahun ini yakni dapat memecahkan rekor nasional (rekornas), saat peluang dirinya tampil di Olimpiade 2020 Tokyo dinilai kecil.

Rekor nasional nomor lari gawang putri memang masih dipegang oleh Dedeh Erawati dengan catatan waktu 13,18 detik yang dibukukannya pada ajang Taiwan Open 2012.

"Aku targetnya tahun ini bisa pecah rekor nasional Dedeh di 13,18 detik," ujar perempuan yang akrab disapa Emil itu di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Pelatih sebut peluang Emilia Nova tembus Olimpiade 2020 kecil

Untuk mencapai target tersebut, Emil mengatakan dirinya akan mengikuti setidaknya dua kejuaraan atletik hingga Juli mendatang.

Pada 12-13 Februari, Emil bersama dua rekannya yaitu Lalu Muhammad Zohri dan Sapwaturrahman akan tampil perdana di Kejuaraan Asia Atletik Indoor di Hangzhou, China.

Kemudian, rencananya Emil juga akan turun di Kejuaraan Atletik Dunia di Nanjing, China pada 13-15 Maret, yang memperlombakan 60 meter lari gawang.

Rekor nasional nomor lari gawang indoor dan outdoor masih dimiliki oleh Dedeh Erawati. Untuk kejuaraan indoor, Dedeh mencatatkan waktu 8,54 detik saat berlaga di Kejuaraan Asia, Pattaya, Thailand pada 2006. Adapun rekor untuk kejuaraan outdoor adalah 13,18 detik.

Sementara itu, rekor terbaik Emilia adalah 13,33 detik yang dibukukannya saat ia meraih medali perak di Asian Games 2018. Artinya, Emilia hanya butuh mempertajam sekitar 0,15 detik lagi untuk memecahkan rekor milik Dedeh.
Baca juga: Emilia Nova dan emas pertamanya di SEA Games

Emilia yang juga sempat bertekad dapat pecah rekornas di Asian Games 2018 itu pun optimistis impiannya dapat terwujud di tahun 2020 ini.

"Sebenernya enggak susah sih. Jadi ada dua kejuaraan dunia dan Asia di China. Mungkin kalau gak pecah di Asia, ya targetnya di bulan Maret itu (kejuaraan dunia)," katanya.

Harapan serupa juga disampaikan oleh pelatih lari gawang Indonesia Fitri "Ongky" Haryadi,

"Harapan saya bisa lebih bagus dari Dedeh di kejuaraan indoor paling tidak bisa 8 detik kan cuma 60 meter ya," kata Ongky.

Baca juga: Emilia Nova rebut emas lari gawang 100m

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020