Denpasar (ANTARA) - Warga negara asing (WNA) asal Rusia bernama Vladimir Chausov (30) ditemukan meninggal dunia di dalam Kolam Renang di sebuah rumah yang berada di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Bali.

"Dari keterangan saksi, kalau korban ini diketahui sedang mempraktekkan latihan pernapasan yang sudah diberikan oleh pelatih surfing dan korban juga sudah sering diperingatkan kalau latihan itu tidak boleh dilakukan di dalam kolam renang, namun korban tidak memperdulikan peringatan itu," kata Kapolsek Kuta Selatan, AKP Yusak Agustinus, usai dikonfirmasi di Denpasar, Rabu.

Yusak Agustinus mengatakan bahwa setelah dilakukan pemeriksaan pada tubuh korban, tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan.

"Menurut saksi, korban ini juga tidak sering minum alkohol dalam porsi yang berlebihan," ucapnya.

Baca juga: Engineer pesawat waterbombing asal Rusia meninggal

Jenazah korban ditemukan pertama kali oleh teman korban bernama Aleksandr Gusliakov (29) ketika saksi itu menuju ke lantai bawah dan melihat korban sudah berada di dalam kolam renang dalam kondisi tidak bergerak. Kemudian saksi Aleksandr Gusliako mengangkat tubuh korban ke pinggir kolam.

Saat di TKP, saksi Aleksandr, selanjutnya memberikan pertolongan pernapasan dan meminta bantuan kepada para tetangga agar menghubungi tim medis.

Yusak juga menjelaskan bahwa korban sudah menempati rumah dengan sistem kontrak rumah di wilayah tersebut mulai 9 Desember 2019 dan memperpanjang setiap satu bulan sekali.

"Informasi yang kita peroleh dari pemilik rumah bernama Ariani Sastra, kalau korban sering berlatih pernafasan di dalam kolam renang dan surfing. Sebelumnya korban juga sempat menghubungi pemilik rumah untuk meminta plastik tempat sampah," jelasnya.

Baca juga: WNA asal Amerika ditemukan meninggal di dalam mobil di Denpasar

Baca juga: Tenggelam di perairan Nusa Penida, WNA asal Malaysia meninggal


Ia menambahkan bahwa semua tamu yang menginap di rumah tersebut berjumlah empat orang, dua diantaranya laki - laki dan dua perempuan. Berdasarkan keterangan dari teman korban dan pemilik rumah bahwa korban olahragawan dan tidak ada riwayat sakit.

Ia menjelaskan bahwa Tim Kesehatan KBS Desa Ungasan telah melakukan pengecekan terhadap korban dengan memberikan bantuan pernapasan dan mengecek nadi korban,  tidak dapat diselamatkan.

"Jadi sekitar pukul 08.30 Wita laporan warga asing meninggal ini kami terima, setelah itu jenazah akan dititipkan sementara di RSUP Sanglah untuk penanganan lebih lanjut," jelasnya.

Pewarta: Ayu Khania Pranishita
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020