Kupang (ANTARA) - Martinus (12), korban gigitan ular langka di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), berhasil diselamatkan dan merupakan kasus hidup pertama di Indonesia.

"Saya terharu, akhirnya kasus berat daboia ruseli siamensis ini berhasil selamat dan sebagai kasus pertama di Indonesia," kata Tri Maharani, Kepala IGD RS Daha Husada Kediri Jawa Timur dalam wawancara dengan Antara di Kupang, Rabu.

Dokter Tri Maharani adalah ahli toxinologi satu satunya di Indonesia yang menangani korban gigitan ular sangat berbisa di Lembata itu.

Martinus (12) dilaporkan digigit ular sangat berbisa pada kakinya saat sedang mengembalakan ternak sapi di Lembata pada 14 Januari 2020.

Akibat gigitan itu, Martinus mengalami kesadaran yang sangat jelek, pendarahan terus keluar dari mulut, hidung, dan mengalami kegagalan nafas.

"Sebagai ahli toxinologi satu satunya di Indonesia, saya tahu jenis ular sangat berbisa yang diidentifikasi sebagai daboia ruselli simanensis.

Baca juga: Pemburu musang kritis digigit ular berbisa

Baca juga: Sejumlah warga Karawang digigit ular di lokasi banjir

Baca juga: Digigit ular, warga Bogor alami wajah pucat hingga lidah berbusa


Jenis ular ini memang langka karena di Indonesia hanya ada di beberapa tempat," katanya menjelaskan.

Ular ini hanya di pulau Jawa, itupun di Jawa Timur Gresik, Surabaya, dan tahun 2019 sempat ada satu pasien di Tulungagung, dan dua tahun lalu di Semarang, tetapi tidak terkonfirmasi karena dua-duanya meninggal dunia.

Daboia ruseli siamensis adalah ular golongan viperia ruselli. Sifat toksinnya hematotoxin myotoxin renal toxicity, dan ada yang neurotoxin, menurut riset dari dr Tan Malaysia, katanya menjelaskan.

Obatnya adalah antivenom monovalen daboia ruseli siamensis. Jenis obat ini hanya diproduksi di Thailand oleh QSMI Taiwan dan Myanmar< katanya.

Dia mengatakan setelah mendapat telepon dari dokter PTT di Lembata, dirinya memutuskan untuk terbang ke Bangkok untuk membeli antivenom monovalen daboia ruseli siamensis.

"Saya di Bangkok hanya beberapa jam. Setelah membeli obat, saya kembali ke Jakarta dan keesokan harinya terbang ke Kupang dan selanjutnya ke Lembata," katanya.

Setelah tiba di Lembata, segera memberikan antivenom itu dua buah
.
"Saat itu kondisi pasien jelek. Pendarahan banyak, kesadaranya menurun dan creatinin 7,4, uerum 408 sebagai tanda gagal ginjal akut dan lekosit sangat tinggi 16.000an, tanda neurotoxin masih kuat," katanya.

"Tetapi saya sangat terharu sekali, karena kasus berat daboia ruseli siamensis ini berhasil diselamatkan sebagai kasus pertama hidup di Indonesia," kata Tri Maharani.*

Baca juga: Ular King Cobra patuk pemuda Depok hingga tewas

Baca juga: Polisi periksa pawang ular terkait kematian penyanyi

Baca juga: Penyanyi dangdut Karawang sempat diperingatkan pawang ular

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020