Ambon (ANTARA) - Satuan Brimob Polda Maluku menerjunkan personel tim SAR untuk mengantisipasi berbagai ancaman bencana seiring terjadinya perubahan cuaca.

"Keterlibatan SAR Brimob sekaligus untuk mendukung terciptanya rasa aman dan nyaman bagi masyarakat," kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol M. Roem Ohoirat di Ambon, Minggu.

SAR Brimobda Maluku yang ditugaskan dilengkapi dengan kendaraan khusus SAR TATA dengan perlengkapan pendukung alat khusus SAR darat maupun SAR air.

Baca juga: Brimob bantu pengamanan lonjakan kunjungan wisatawan di Pangandaran

Menurut Kabid Humas, penugasan dilaksanakan selama masa liburan Natal dan Tahun Baru 2020 dengan lokasi tugas di beberapa pantai yang sering dan ramai menjadi tempat tujuan warga melakukan wisata bahari.

Momen liburan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melaksanakan saling berkunjung dan liburan bersama keluarga, ujar Toem Ohoirat.

Salah satu tujuan lokasi wisata yang banyak dikunjungi adalah wisata bahari yaitu pantai-pantai di wilayah Maluku yang terkenal akan wisata bahari pantainya, ujarnya.

Hal ini tentu saja perlu mendapat perhatian dari seluruh jajaran anggota Polri di Wilayah hukum Polda Maluku untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang sedang berlibur memanfaatkan momen Natal dan Tahun Baru, tambahnya.

Kegiatan pengamanan oleh personil Satuan Brimob Polda Maluku dilaksanakan dengan berpatroli ke berbagai lokasi di Kota Ambon dan daerah wisata di wilayah itu.

Di  Kota Ambon melibatkkan dua regu Tim Sar Batalyon A Pelopor dipimpin Ipda Andi Kasnam dan lokasinya di Pantai Wisata Natsepa.

Kemudian di Kabupaten Maluku Tengah melibatkan satu regu tim SAR Batalyon B Pelopor dipimpin Iptu Wahidin Sapsuha yang berlokasi di Pantai Wisata Kuako (Masohi).

Untuk Kabupaten Seram Bagian Timur, kata Kabid Humas, melibatkan satu regu tim SAR Brimob Kompi 3 Batalyon B Pelopor dipimpin Bripka Billy Naruru dan lokasinya adalah Pantai Wisata Gumumae (Kota Bula).

Satu regu tim SAR Batalyon C Pelopor dipimpin Aiptu K.H Rahandekut juga melakukan pengamanan di pantai Wisata Pasir Panjang, Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara.

Sementara objek wisata pantai Weluan di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar diturunkan.satu regu tim SAR Kompi 3 Batalyon C Pelopor dipimpin Bripka J. Kabalessy.

Baca juga: Bantu bencana longsor Trans Sulawesi, Brimob terjunkan tim SAR
 

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019